Implementasi pendekatan ilmiah (Scientific Approach) pada pembelajaran pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di kelas VII SMP Negeri 1 Wiradesa Tahun Ajaran 2013-2014

MUTHOHAROH, MUTHOHAROH (2014) Implementasi pendekatan ilmiah (Scientific Approach) pada pembelajaran pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di kelas VII SMP Negeri 1 Wiradesa Tahun Ajaran 2013-2014. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110329 MUTHOHAROH BAB I,V DAN LAMP.PDF

Download (12MB)
[img] Text
2021110329 MUTHOHAROH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

2014, Muthoharoh, "lmplementasi Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) pada Pembelajaran Pendidik:an Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Neger 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014". Dalam dunia pendidikan, kurikulum merupakan hal inti dari sebuah pendidikan. Oleh karena itu para stakeholder di bidang pendidikan berusaha menyempurnakan sebah kurikulum dari waktu ke waktu. Dan kini sampailah pada penetapan kurikul um baru yang disebut dengan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurik:ulum yang menggunak:an pendekatan ilmiah (Scientific Approach) dalam pembelajarannya. Sesuai kebijakan pemerintah yang pada tahun ajaran 2013/2014 ini ada beberapa sekolah yang telah mengimplementasikan Kurikulum 2013. Dari pemikiran di atas maka penulis merumuskan beberapa masalah yaitu: Bagaimana implementasi pendekatan ilmiah (scientific approach) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP N 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan, dan apa sajakah faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendekatan ilmiah (scientific approach) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP N 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi pendekatan ilmiah (scientific approach) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP N 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendekatan ilmiah (scientific approach) pada pembelajaran P ndidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP N 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini mengunakan pendekatan Kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif serta pada analisis terdapat dinamika hubungan antar fenomena yang di arnati dengan menggunakana logika ilmiah. Dan objek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VII tahun ajaran 2013/2014 di SMP Negeri 1 Wiradesa yang berjumlah 292 siswa. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui lmplementasi pendekatan ilmiah (scientific approach) pada pembelajaran pendidikan agama dan budi pekerti pada pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti kelas VII SMP Negeri 1 Wiradesa dari segi kriteria, iangkah-langkah pembelajaran, jejaring pembelajaran, dan model pembelajaran masih sangat sederhana. Dan ada beberapa faktor penduk:ung dan penghambat yang perlu disikapi dengan baik sehingga implementasi pendekatan ilmiah ini dapat dilakukan dengan baik sesuai dengan tuntutan pembuat kebijakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorH. Ismail, H. IsmailUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: dunia pendidikan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:10
Last Modified: 03 Jan 2024 10:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5838

Actions (login required)

View Item View Item