Nafi'a, Ilma (2023) Problematika Pembelajaran Qiro'ah Siswa Kelas VII di MTs Ma'arif NU Sragi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2219121_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2219121_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Problematika atau masalah metode qiro’ah dalam pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi siswa kelas VII MTs Ma’arif NU Sragi Kabupaten Pekalongan yaitu, kendala pertama ada siswa yang berlatar belakang dari SD yang belum dibekali pembelajaran Bahasa Arab dan juga ada yang dari lulusan MI. Yang kedua belum adanya media pembelajaran yang modern seperti LCD/layar proyektor, guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga siswa kurang tertarik pada saat pembelajaran. Ketiga siswa belum mampu membaca secara baik dan benar mufrodat maupun teks Arab panjang pendeknya bacaan maupun makhorijul huruf bahasa Arab kalau guru tidak mencontohkan terlebih dahulu. Dan kepentingan dari penelitian ini agar memberi informasi tentang implementasi pembelajaran qiro’ah dalam meningkatkan keterampilan membaca Bahasa Arab dan memberi wawasan kepada para pembaca yang berkaitan dengan pembelajaran metode maharah qiro’ah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Kendala Pembelajaran Qiro'ah Siswa Kelas VII di MTs Ma'arif NU Sragi Kabupaten Pekalongan? 2. Bagaimana Solusi dari Kendala Pembelajaran Qiro'ah Siswa Kelas VII di MTs Ma'arif NU Sragi Kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah supaya siswa terbiasa membaca teks Arab dengan baik dan benar, baik kosakata maupun kalimat bahasa Arab tentang materi yang sudah diajarkan, agar siswa terbiasa berfikir dan mengekspresikannya dalam bacaan dengan tepat, menyempurnakan mata pelajaran yang sudah dipelajari dan membekali para siswa dengan keterampilan membaca maupun berfikir cepat akan pengetahuan makna, dan dapat meningkatkan pemahaman terhadap konsep pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode qiro’ah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Metode penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini ditemukan beberapa kendala pada saat pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode qiro’ah yaitu, kendala pada latar belakang siswa, media pembelajaran, siswa yang kurang fokus terhadap pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja, siswa masih kesulitan dalam membaca teks Arab baik panjang pendeknya maupun makhorijul huruf. Solusi yang dapat dilakukan demgan cara pengadaan media pembelajaran seperti proyektor/LCD, peran guru sangat penting dalam pembelajaran bisa dengan memotivasi siswanya agar siswa lebih fokus dalam menerima materi yang diajarkan, dan dilakukan metode drill secara berulang-ulang agar siswa mudah memahami kosakata demi kosakata, dan juga bisa memberikan hafalan-hafalan mufrodat agar cepat faham dan hafal jadi mudah dalam menerima materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Qiro’ah dan Pembelajaran Bahasa Arab | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 05 Dec 2023 06:23 | ||||||||
Last Modified: | 05 Dec 2023 06:23 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5851 |
Actions (login required)
View Item |