Nilai-nilai pendidikan karakter dalam materi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII Madrasah Tsanawiyah

Rusmiati, Rusmiati (2019) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam materi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Nilai-nilai pendidikan karakter telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2010 tentang nilai karakter yang terdiri 18 butir. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peran peradaban, dan para tokoh yang berpengaruh dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai dari perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW, Khulafaurrasyidin, Bani Umayah, Abbasiyah hingga masa Dinasti Ayyubiyah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam materi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs). Dalam penelitian ini akan menganalisis secara deskriptif terhadap dokumen (kajian isi), yakni buku siswa mata pelajaran SKI kurikulum 2013 kelas VIII MTs yang diterbitkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) dengan pengarang Yun Yun Yunadi, Mukhamad Amin dan Siti Nadroh. Pengumpulan data menggunakan teknik baca catat dan teknik analisis isi. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam materi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku materi siswa mata pelajaran SKI ditemukan nilai karakter yang sesuai dengan yang dirumuskan oleh Kemendikbud. Adapun nilai Karakter yang dominan adalah kreatif, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, toleransi, dan peduli sosial. Sedangkan nilai pendidikan karakter yang lain seperti cinta tanah air, demokratis, nasionalisme, jujur, gemar membaca, peduli lingkungan, cinta damai, dan nilai pendidikan karakter yang lain relatif lebih sedikit.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKaryanto, Umum BudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, sejarah kebudayaan islam, madrasah tsanawiyah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 28 May 2020 04:53
Last Modified: 11 Jun 2020 07:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/586

Actions (login required)

View Item View Item