Pengaruh persepsi siswa dalam pelaksanaan bimbingan dan konselingu ntuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 2 Kota Pekalongan

Amaliyah, Amala (2023) Pengaruh persepsi siswa dalam pelaksanaan bimbingan dan konselingu ntuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 2 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517046_COVER BAB 1 DAN 5_DP.pdf

Download (974kB)
[img] Text
3517046_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Motivasi belajar adalah seluruh daya penggerak didalam diri siswa yang memicu timbulnya kegiatan belajar yang memberikan arah sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat dicapai.Melihat kurangnya motivasi belajar siswa maka guru Bimbingan Konseling mengadakan bimbingan konseling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.Walaupun begitu, keberhasilan bimbingan konseling tidak cukup dengan keikutsertaan siswa dalam pelaksanaannya saja, namun keberhasilan pelaksanaan bimbingan konseling ini juga berkaitan dengan bagaimana persepsi siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut. Berdasarkan uraian diatas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Bimbingan Konselingdalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN 2 Kota Pekalongan”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kategorisasi persepsi siswa terhadap pelaksanaan bimbingan dankonselingdi MAN 2 Kota Pekalongan?; (2) Bagaimana kategorisasi motivasi belajar siswa di MAN 2 Kota Pekalongan?; dan (3) Bagaimana pengaruh persepsi siswa dalam pelaksanaan bimbingan dan konselinguntuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 2 Kota Pekalongan?. Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa dalam pelaksanaan bimbingan dan konselinguntuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 2 Kota Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan Kategorisasipersepsi siswa dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling memiliki kategori tinggi. Sedangkan Kategorisasi Motivasi Belajar Siswa di MAN 2 Kota Pekalongan memiliki kategori sedang. Hasil perhitungan perhitungan uji pengaruh menggunakan uji regresi linier sederhana, diperoleh hasil Sig. = 0,001. Karena nilai Sig. < 0,05 maka dapat disimpulkan kesimpulan bahwa persepsi siswa dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling (X) memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar (Y) siswa di MAN 2 Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHimawanti, IzzaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling, motivasi belajar
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:16
Last Modified: 02 Feb 2024 03:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5879

Actions (login required)

View Item View Item