Pengaruh Pemasaran Online, Pemasaran Offline Dan Modal Terhadap Keberlanjutan Usaha Umkm Batik (Studi Kasus Umkm Batik Di Desa Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan)

Mustaqim, Muhammad Nurul (2023) Pengaruh Pemasaran Online, Pemasaran Offline Dan Modal Terhadap Keberlanjutan Usaha Umkm Batik (Studi Kasus Umkm Batik Di Desa Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4117379_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4117379_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD NURUL MUSTAQIM. Pengaruh Pemasaran Online, Pemasaran Offline, dan Modal Terhadap Keberlanjutan Usaha UMKM Batik (Studi Kasus UMKM Batik di Desa Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Peranan Pemasaran atau Modal pada sebuah usaha UMKM batik sangat penting untuk diperhatikan guna menjaga Keberlangsungan sebuah usaha. Kemudian dengan menerapkan hal tersebut, maka akan terciptanya kepercayaan diri dalam diri pengusaha untuk mengelola usaha batiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pemasaran Online, Pemasaran Offline, dan Modal Terhadap Keberlanjutan Usaha UMKM Batik (Studi Kasus UMKM Batik di Desa Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan). Penelitian ini termasuk jenis penelitian Kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner, dengan menggunakan sampel sebanyak 75 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Slovin . Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat bantu analisis data SPSS 23.0. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel Pemasaran online dan Pemasaran Offline tidak memiliki pengaruh signifikan, sedangkan variabel Modal memiliki pengaruh signifikan terhadap Keberlanjutan Usaha UMKM Batik di desa Kertijayan. Kemudian secara simultan, Pemasaran Online, Pemasaran Offline, dan Modal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keberlanjutan Usaha UMKM Batik di desa Kertijayan kec. Buaran kab. Pekalongan.   ABSTRACT MUHAMMAD NURUL MUSTAQIM. The Influence of Online Marketing, Offline Marketing, and Capital on the Business Sustainability of Batik MSMEs (Case Study of Batik MSMEs in Kertijayan Village, Buaran District, Pekalongan Regency. The role of marketing or capital in a batik MSME business is very important to pay attention to in order to maintain the sustainability of a business. Then by implementing this, entrepreneurs will create self-confidence to manage their batik business. This research aims to analyze the influence of online marketing, offline marketing and capital on the business sustainability of Batik MSMEs (Case Study of Batik MSMEs in Kertijayan Village, Buaran District, Pekalongan Regency). This research is a type of quantitative research. The data collection method in this research used a questionnaire method, using a sample of 75 respondents. The sampling technique uses the Slovin technique. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis with SPSS 23.0 data analysis tools. The partial research results show that the Online Marketing and Offline Marketing variables do not have a significant influence, while the Capital variable has a significant influence on the Business Sustainability of Batik MSMEs in Kertijayan village. Then simultaneously, Online Marketing, Offline Marketing, and Capital have a significant influence on the Business Sustainability of Batik MSMEs in Kertijayan village, subdistrict. Buaran district. Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAwali, HusniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pemasaran Online, Pemaaran Offline, Modal, dan Keberlanjutan Usaha. Keywords : Online Marketing, Offline Marketing, Capital, and Business Sustainability.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:18
Last Modified: 06 Dec 2023 03:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5894

Actions (login required)

View Item View Item