Analisis Kompetensi Guru Dalam Penyiapan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang

Setiadi, Ahmad (2023) Analisis Kompetensi Guru Dalam Penyiapan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5321022 - Cover_Bab I_Bab VII.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5321022 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis menganalisis kompetensi guru madrasah ibtidaiyah se-kecamatan Gringsing Kabupaten Batang, menganalisis kompetensi guru madrasah ibtidaiyah dalam kaitan dengan implementasi kurikulum merdeka se-kecamatan Gringsing Kabupaten Batang, dan menggambarkan persiapan madrasah ibtidaiyah se-kecamatan Gringsing Kabupaten Batang dalam menyiapkan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subyek penelitian di dilakukan di 6 MI yang terletak di Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Waktu penelitian dilakukan selama 3 bulan yaitu bulan Maret-Mei 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan wawacara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian sudah baik, akan tetapi ada indikator-indikator pencapaian yang dominan. Pertama, indikator dominan pencapaian kompetensi pedagogik guru MI di Kecamatan Gringsing adalah pada indikator: 1) Menguasai karakteristik peserta didik, 2) Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, 3) Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Kedua, indikator dominan untuk pencapaian kompetensi professional berkaitan dengan kemampuan penguasaan materi pokok/pembelajaran secara luas dan mendalam. Ketiga, indikator dominan pencapaian kompetensi sosia yaitu: 1) Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi. 2) Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat. Ketiga, Indikator dominan pencapaian kompetensi kepribadian yaitu ketaatan terhadap etika profesi guru menjadi indikator yang dominan dicapai dalam kompetensi kepribadian. Ketercapaian kompetensi guru, baik kompetensi pedagokik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian membawa pengaruh yang sangat sognifikan terhadap kesiapan implementasi kurikum merdeka di madrasah. Berikut ini kesiapan di beberapa MI di Kecamatan Gringsing. Masing-masing madrasah memiliki dominasi yang berbeda terkait kompetensi mana yang lebih unggul dan mempengaruhi kesiapan implementasi kurikulum merdeka. Penyiapan kurikulum merdekan di MI se-Kecamatan Gringsing dilaksanakan dalam bebrapa tahap, yaitu: Membuat pelatihan-pelatihan, merancang pembiayaan, menyiapkan sarana dan prasarana, menjalin kemitraan antara masyarakat dan orang tua, menyusun Kurikulum Operasional Madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, Slamet19670421996031001UNSPECIFIED
Thesis advisorRohman, Taufiqur19820110202001D1130UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, implementasi kurikulum merdeka
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:51
Last Modified: 07 Dec 2023 01:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5940

Actions (login required)

View Item View Item