Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai Ahlussunnah wal jama'ah terhadap siswa Madrasah tsanawiyah luwungragi kabupaten Brebes

Fuad, Shofil (2023) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai Ahlussunnah wal jama'ah terhadap siswa Madrasah tsanawiyah luwungragi kabupaten Brebes. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2118263_SHOFIL FUAD_COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2118263_SHOFIL FUAD_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Radikalisme merupakan permasalahan yang harus ditumpas secepat mungkin. Melalui penenaman nilai-nilai ahlussunnah wal jama’ah dapat mencegah terjadinya radikalisme dalam diri seseorang. Di sini guru PAI memainkan peran penting dalam menanamkan nilai-nilai ahlussunnah wal jama’ah agar siswa terbebas dari pengaruh radikalisme, agar terciptanya bangsa yang damai dan moderat. Madrasah Tsanawiyah Luwungragi menanamkan nilai-nilai ahlussunnah wal jama’ah melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga peneliti tertarik dan memaparkan beberapa rumusan masalah, yaitu: 1) Apa saja nilai-nilai ahlussunnah wal jama'ah yang ditanamkan pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Luwungragi?, dan 2) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai ahlussunnah wal jama'ah pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Luwungragi?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai ahlussunnah wal jama'ah yang ditanamkan pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Luwungragi dan menganalisis upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai ahlussunnah wal jama'ah pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Luwungragi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan dibidang ilmu pendidikan, khususnya pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Menggunakan data primer dari tenaga kependidikan Madrasah Tsanawiyah Luwungragi (kepala madrasah, guru tahfidz, dan siswa) dan data sekunder seperti referensi buku. Untuk pengambilan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Nilai-nilai Ahlusunnah wal jama’ah yang ditanamkan kepada siswa di Madrasah Tsanawiyah Luwungragi yaitu ta’awun, tawasuth, i’tidal, dan tasamuh dan 2) Pendekatan pembelajaran aktif, evaluasi dengan metode beragam, kolaborasi dengan tenaga pendidik, penggunaan sumber daya pembelajaran beragam, motivasi siswa, dan komunikasi aktif dengan orang tua siswa menjadi strategi utama guru PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru pendidikan agama islam, nila-nilai ahlussunnah wal jama’ah, moderasi beragama
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 06 Dec 2023 06:52
Last Modified: 06 Feb 2024 04:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5972

Actions (login required)

View Item View Item