Strategi pemasaran pada warung mikro Bank Syariah Mandiri kantor Cabang Pekalongan

Mugiono, M. Bibit (2014) Strategi pemasaran pada warung mikro Bank Syariah Mandiri kantor Cabang Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012111067 M. BIBIT MUGIONO BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (6MB)
[img] Text
2012111067 M. BIBIT MUGIONO BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
Official URL: http://perputakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Persaingan yang ketat dalam pemasaran produk pembiayaan mikro dilakukan oleh bank-bank syariah, salah satunya adalah Bank Syariah Mandiri Pekalongan dengan Warung Mikronya. Strategi pemasaran yang efektif dibutuhkan untuk memasarkan produk pembiayaannya agar masyarakat dapat mengetahui apa saja produk-produk pembiayaan pada Warung Mikro BSM Pekalongan. Strategi pemasaran yang digunakan antara lain strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan strategi promosi. Masalah penelitian ini membahas tentang kesesuaian strategi pemasaran yang dilakukan oleh Warung Mikro BSM Pekalongan dengan teori pemasaran dan tingkat efektifitas dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh Warung Mikro BSM Pekalongan dalam pemasaran produk- produk pembiayaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 30 Juni 2014 sampai tanggal 1 Oktober 2014, sedangkan data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Dalam tahap pengumpulan data penulis menggunakan beberapa metode, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, karena pada penelitian ini penulis mendeskripsikan strategi pemasaran pada Warung Mikro BSM Pekalongan Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Warung Mikro BSM Pekalongan sesuai dengan teori pernasaran, diantaranya menggunakan strategi produk, strategi harga bank, strategi tempat dan strategi promosi. Sedangkan tingkat efektifitas strategi pemasarannya pada pencairan pembiayaan mengalami peningkatan dari tahun 2012 ke tahun 2013, juga untuk nasabahnya mengalami peningkatan dari 200 nasabah ditahun 2012 menjadi 230 ditahun 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAhmad, JalaludinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, Warung Mikro BMS Pekalongan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:38
Last Modified: 03 Jan 2024 10:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5981

Actions (login required)

View Item View Item