Pengaruh Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Piaget Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Materi Pola Bilangan Kelas VIII MTs S Simbang Kulon II

Iklilah, Nur (2023) Pengaruh Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Piaget Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Materi Pola Bilangan Kelas VIII MTs S Simbang Kulon II. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2617030-_nur_ililah-cover_bab1-bab5_daftar_riwayat_hidup[1].pdf

Download (10MB)
[img] Text
2617030-nur_iklilah-full_text[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu Indikator dari mutu atau kualitas pendidikan adalah hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal seperti motivasi atau eksternal seperti strategi pembelajaran. Untuk memenuhi tujuan tercapainya kualitas pembelajaran yang baik Piaget kemudian menawarkan pengembangan model pembelajaran yang aktif dalam lingkungan kelas seperti model pembelajaran inkuiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana implementasi teori perkembangan kognitif Piaget dengan model pembelajaran inkuiri dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa materi pola bilangan kelas VIII MTs S Simbang Kulon II. Berdasarkan rumusan masalah diatas maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana implementasi teori perkembangan kognitif Piaget dengan model pembelajaran inkuiri dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada materi pola bilangan kelas VIII MTs S Simbang Kulon II. Dengan begitu diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai inspeksi dalam memberikan pelajaran matematika agar sesuai dengan tahap perkembangan anak menurut teori perkembangan kognitif Piaget. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pendidikan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif metode Quasi Eksperimen. Instrumen utama yang digunakan adalah instrumen tes. Tes dilakukan dua kali yaitu pretest dan postest pada kelas eksperimen dan kontrol. Dalam prosesnya untuk mengetahui jawaban dari hipotesis penelitian maka dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji T-test. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan Penerapan Teori Kognitif Piaget melalui Model Pembelajaran inkuiri dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan uji SPSS didapatkan nilai mean kelas eksperimen 71,80 dan nilai mean kelas kontrol 60,36. Dari nilai rata-rata (mean) tersebut menunjukan bahwa penerapan teori kognitif Piaget lebih baik dari pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, NalimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teori Kognitif Piaget, Inkuiri dan Hasil Belajar.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:17
Last Modified: 15 Jan 2024 04:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5997

Actions (login required)

View Item View Item