Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karakter Islami Peserta didik di SDN Jetaklengkong Wonopringgo Pekalongan.

Zahidah, Ida (2021) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karakter Islami Peserta didik di SDN Jetaklengkong Wonopringgo Pekalongan. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
5218019-Bab1&5.pdf

Download (14MB)
[img] Text
5218019-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Peserta didik adalah generasi yang akan meneruskan perjuangan bangsa kita di kemudian hari. Karakter peserta didik yang terbentuk dari sekarang yang sangat menentukan karakter bangsa ini. Karakter peserta didik yang terbentuk dengan baik apabila dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya mereka mendapatkan cukup ruang untuk mengekspresikan diri secara leluasa. Peserta didik merupakan pribadi yang mempunyai hak untuk tumbuh dan bertumbuh secara optimal sesuai dengan kemampuan masing-masing Rumusan permasalahan penelitian ini adalah 1) Apa strategi yang digunakan guru PAI dalam membina karakter Islami peserta didik di SD Negeri Jetaklengkong Wonopringgo Pekalongan? 2) Nilai Karakter apa saja yang ditanamkan oleh guru PAI dalam membina karakter Islami peserta didik di SD Negeri Jetaklengkong Wonopringgo Pekalongan? Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru PAI dalam membina karakter Islami peserta didik di SD Negeri Jetaklengkong Wonopringgo Pekalongan 2) Untuk mendeskripsikan Nilai Karakter apa saja yang ditanamkan oleh guru PAI dalam membina karakter Islami peserta didik di SD Negeri Jetaklengkong Wonopringgo Pekalongan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui: interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa karakter siswa di SDN Jetaklengkong Wonopringgo rata-rata tergolong baik seperti adanya pembiasaan yang meliputi kedisiplinan, bertanggungjawab, kejujuran, saling menghargai. Pembinaan karakter siswa dapat ditumbuhkan melalui pembiasaan programprogram berjabat tangan dengan guru, shalat dhuha, shalat dhuhur berjamaah, seperti sebelum kegiatan belajar mengajar yang isinya adalah motivasi, tadarus/murojaah ayat-ayat do’a-do’a harian, pembacaan asmaul husna, sholat sunah dhuha berjamaah dan sholat dzuhur berjamaah; Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SDN Jetaklengkong Wonopringgo meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSuraji, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Karakter Islami Peserta didik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 07 Dec 2023 02:46
Last Modified: 07 Dec 2023 02:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6006

Actions (login required)

View Item View Item