Kurniawan, Aris (2021) Upaya Kepala Madrasah melalui Pembelajaran Integratif dalam Mengembalikan Kepercayaan Masyarakat terhadap MTs Muhammadiyah Tersono. Masters thesis, IAIN Pekalongan.
Text
5218030-Bab1&5.pdf Download (11MB) |
|
Text
5218030-fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
MTs Muhammadiyah Tersono pada tahun 2014 hanya mendapatkan 13 pendaftar dari rata-rata 37 pendaftar. Dengan berbagai upaya dari kepala madrasah, sejak tahun 2018 hingga 2020 selalu mendapatkan lebih dari 40 peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana kepercayaan masyarakat terhadap MTs Muhammadiyah Tersono? 2. Bagaimana upaya Kepala Madrasah dalam mengembalikan kepercayaan masyarakat, melalui pembelajaran integratif, terhadap MTs Muhammadiyah Tersono? 3. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembalikan kepercayaan masyarakat, melalui pembelajaran integratif, terhadap MTs Muhammadiyah Tersono? Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan tesis ini adalah 1. Menganalisis tingkat kepercayaan masyarakat terhadap MTs Muhammadiyah Tersono. 2. Menganalisis upaya yang telah dilakukan Kepala Madrasah dalam mengembalikan kepercayaan masyarakat, melalui pembelajaran integratif, terhadap MTs Muhammadiyah Tersono. 3. Menganalisis faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala madrasah dalam mengembalikan kepercayaan masyarakat, melalui pembelajaran integratif, terhadap MTs Muhammadiyah Tersono. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif yang menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati. Dari penelitian ini diperoleh suatu data deskriptif yang menggambarkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap MTs Muhammadiyah Tersono, upaya yang telah dilakukan, serta faktor pendukung dan penghambat yang telah dihadapi oleh Kepala Madrasah. Adapun data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian diolah menjadi sebuah informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MTs Muhammadiyah Tersono telah mendapatkan market trust dan berada pada tingkat kepercayaan berdasarkan identifikasi. Kemudian upaya yang telah dilakukan oleh Kepala Madrasah adalah: 1) motivasi internal, 2) mendata bakat dan minat peserta didik, 3) mempertahankan kegiatan belajar mengajar, 4) melakukan cross check di masyarakat, dan 5) mengadakan program pesantren dengan sistem pembelajaran integratif dalam bentuk: a. pesantren tiga hari, b. pesantren akhir pekan, c. bimbingan tahfiz Al Quran juz 1. Faktor pendukungnya yaitu: loyalitas yang tinggi dari para Guru, sebagian besar wali murid merupakan alumni, banyaknya harapan dari wali murid agar sekolah memiliki materi agama yang lebih banyak. Adapun faktor penghambatnya adalah belum adanya kesiapan dan konsistensi dari pembimbing program, kurangnya sarana-prasarana dan pembiayaan program
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kepala Madrasah, Kepercayaan Masyarakat, Pembelajaran Integratif | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2023 03:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Dec 2023 03:08 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6009 |
Actions (login required)
View Item |