Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. N 2 Tegal Kabupaten Tegal

Nuryamin, Muh. Agus (2021) Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. N 2 Tegal Kabupaten Tegal. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
5218065-Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5218065-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembentukan karakter siswa merupakan sebuah proses dalam mencetak ataupun menanamkan suatu tabiat/watak baik agar selalu terpatri dalam kehidupan seseorang sehingga melahirkan generasi yang berkarakter, terutama karakter religious. Penelitian ini difokuskan dalam mengkaji bagaimana proses pembentukan karakter religius siswa melalui pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. N 2 Tegal Kabupaten Tegal serta factor apa yang menjadipendorong dan penghambatnya. Hal ini dilatar belakangi oleh kenyataan semakin merosotnya moral anak baik di rumah, madrasah/sekolah atau di masyarakat, hilangnya rasa hormat dan santun terhadap guru, adanya kenakalan remaja, kurangnya ketaatan pada aturan yang ada dan lain sebagainya. Adanya kemajuan teknologi yang harus diiringi dengan penanaman karakter religius menjadikan permasalahan besar di era industri 4.0, karena banyak anak remaja yang sudah kehilangan etika dan cenderung bermain gadged yang dapat melupakan segalanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana karakter siswa MTs N 2 Tegal Kabupaten Tegal dan mengetahui bagaimana proses pembentukan karakter religius siswa melalui pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudyan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap narasumber yang terkait. Observasi dilaksanakan dengan melalui pencatatan secara sistemik dari perilaku, objek yang dilihat yang mendukung dalam penelitian seperti letak geografis, struktur organisasi, tata tertib dan sebagainya yang menjadi data pendukung. Serta dokumentasi yang diperlukan seperti foto, buku kasus, dan buku kelengkapan untuk mendapatkan informasi dan kelangkapan data. Subjek penelitian ini adalah kelas VII MTs N 2 Tegal Kabupaten Tegal. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan analisis model Milles dan Hubberman meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini menemukan adanya proses pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs N 2 Tegal Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSolehuddin, SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSalafuddin, SalafuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius, Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:31
Last Modified: 07 Dec 2023 03:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6012

Actions (login required)

View Item View Item