Persepsi masyarakat desa Cepagan Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

SUSWATI, SUSWATI (2014) Persepsi masyarakat desa Cepagan Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110358 SUSWATI BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (8MB)
[img] Text
2021110358 SUSWATI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Suswati. 2014.Persepsi Masyarakat Desa Cepagan tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekaloagan. Pembimbing Siti Mumun Muniroh, S. Psi. M.A. Kata kunci : Persepsi masyarakat, Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat berpean dalam membantu perkembangan jasmani dan rohani anak, terutama membantu mereka untuk mempunyai kesiapan yang optimal dalam memasuki pendidikan dasar. PAUD sangat berperan dalam membawa perubahan pada anak dini maupun masyarakat sehingga diharapkan mendapatkan respon atau tanggapanyang positif terutama dari masyarakat. PAUD adalah investasi yang sangat besar bagi keluarga dan juga bangsa. Anak-anak adalah generasi penerus keluarga sekaligus penerus bangsa. Akan tetapi penulis melihat adanya kesenjangan antara jumlah anak usia PAUD di desa Cepagan dengan jumlah anak yang masuk PAUD. Oleh karena itu penulis termotivasi untuk meneliti dan mengkaji lebih lanjut tentang persepsi masyarakat terhadap keberadaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan judul: "PERSEPSI MASYARAKAT DESA CEPAGAN TENTANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana persepsi masyarakat desa Cepagan tentang Pendidikan Anak Usia Dini? Apa saja faktor-faktor yang mem:pengaruhi persepsi masyarak.at desa Cepagan tentang Pendidikan Anak Usia Dini? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat desa Cepagan tentang Pendidikan Anak Usia Dini, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat desa Cepagea tentang Pendidikan Anak Usia Dini. Sedangkan kegunaan secara teoritis dari penelitin ini hasilnya diharapkan dapat dijadikan sumbangan pemikiran sebagai b.c: han pertimbangan untuk peningkatan pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini baik kepad.a pemerintah maupun untuk pihak-pihak yang terkait. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Interview atau Wawancara dan Dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis deskripti£ . Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat diketahui bahwa persepsi masyarakat desa Cepagan tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah kurang baik karena mayoritas masyarakat Cepagan masih menganggap bahwa PAUD itu kurang penting. Hal ini berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan kepada masyarakat Cepagan, perangkat clesa, dan guru PAUD, selain itu juga didukung dengan dokumen-dokumen penting yang terkait dengan masyarakat Cepagan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMumun Muniroh, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi masyarakat, Pendidikan Anak Usia Dini.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:09
Last Modified: 03 Jan 2024 10:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6013

Actions (login required)

View Item View Item