Pengaruh ligkungan keluarga, motivasi, karakteristik wirausaha, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan)

Ubbayu., Asfiq (2019) Pengaruh ligkungan keluarga, motivasi, karakteristik wirausaha, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pembangunan akan lebih berhasil jika ditunjang oleh wirausahawan yang dapat membuka lapangan pekerjaan karena kemampuan pemerintah sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh faktor-faktor seperti lingkungan keluarga, motivasi, karakteristik wirausaha, dan pengetahuan kewirausahaan pada mahasiswa IAIN Pekalongan terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kampus dua IAIN Pekalongan, jumlah sampel 291 responden dengan menggunakan Purposive Sampling. Responden dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Islam IAIN Pekalongan yang sudah mendapatkan mata kuliah kewirausahaan dan mahasiswa yang masih aktif angkatan 2014-2016. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Lingkungan keluarga tidak berpengaruh secara persial terhadap minat berwirausaha. (2) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. (3) Karakteristik wirausaha tidak berpengaruh secara persial terhadap minat berwirausaha. (4) Pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. (5) lingkungan keluarga, motivasi, karakteristik wirausaha, dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif simultan terhadap minat berwirausaha Hal ini dibuktikan dari nilai F hitung 7,970 > F tabel 2,40. Nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel (6) Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi adjusted R square sebesar 0,088. Hal ini mengandung arti bahwa pengaruh variabel independen yaitu variabel lingkungan keluarga, motivasi, karakteristkik wirausaha, dan pengetahuan kewirausahaan sebesar 08,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArwani, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Motivasi, Karakteristik, Pengetahuan, Minat Berwirausaha
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 29 May 2020 07:08
Last Modified: 29 May 2020 07:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item View Item