Masykur, Fahmi Ali (2022) Konsepsi Nilai-nilai al-Alb b dalam Tafsir al-Misbah dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Masters thesis, IAIN Pekalongan.
Text
5219039-Bab 1& 5.pdf Download (18MB) |
|
Text
5219039-fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Abstract
- b diharapkan mampu menjadi problem solving dalam Pendidikan Islam yang berasaskan pada nilai-nilai ke-Islaman yang bersumber dari al-Qur’an, a -Hadist, dan kebudayaan Islam yang ada. Seiring dengan tujuan Islam, bahwa pendidikan Islam mempunyai misi dan tujuan melahirkan pribadi pribadi yang bertakwa kepada Allah Swt, dan menjadi sosok muslim yang multi talented sehingga mampu meraih kebahagiaan dunia dan akhirat, demikian juga dijelaskan dalam UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 3, tentang Tujuan Pendidikan. Namun, berbeda dengan kondisi pembelajaran yang ada, kurikulum yang mengatur kegiatan pembelajaran masih berfokus pada materi yang bersifat kognitif, dan masih kurang dalam pengselarasan terhadap kecerdasan spiritual, intelektual, dan emosioanl. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana konsepsi nilai nilai al-Albâb dalam Tafsir al-Misbah, bagaimana relevasi konsepsi nilai-nilai al-Alb b dalam Tafsir al-Misbah dengan pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui dan menganalisis tentang konsepsi nilai-nilai al-Alb b dalam Tafsir al-Misbah dan relevasinya terhadap Pendidikan Islam. Adapun term -Alb di dalam al-Qur’an disebutkan sebanyak 16 kali dalam 10 surat yang berbeda. Adapun surat yang menjadi fokus kajian dalam memahami makna dan konsepsi nilai-nilai Ulu al-Albab dalam Tafsir al-Misbah yaitu: QS. Al-Baqarah/2: 179, 197, 269, QS. ‘Ali ‘Imran/3 : 7, 190-191, dan QS. al-Maidah/5 : 100. Jenis penelitian ini merupakan library research dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dengan sifat penelitian kualitatif-naturalistik. Adapun sumber primer dalam penelitian ini adalah Tafsir al-Misbah dan jurnal, buku, ataupun jenis penelitian lain yang sesuai dengan tema penelitian sebagai sumber sekunder. Teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori content analysis dan hermeneutika yang dielaborasikan dengan teori teknik perbandingan tetap. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, al-Al b dalam tafsir al-Misbah mempunyai konsepsi nilai-nilai yang berbeda-beda disesuaikan dengan konteks ayat yang ditafsirkan. Kedua, relevansi konsepsi nilai-nilai al-Alb b terdapat pada pemberdayaan potensi kecerdasan siswa secara integral terhadap potensi kecerdasan spiritual (SQ) yang menjadi realisasi dzikir, kecerdasan intelektual (IQ) yang menjadi realisasi fikir, dan kecerdasan emosional (EQ) yang menjadi realisasi amal sholeh atau berbuat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | al-Alb b, Tafsir Al-Misbah, Pendidikan Islam. | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2023 04:07 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Dec 2023 04:07 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6021 |
Actions (login required)
View Item |