Implementasi total quality management di Gerai Dinar Pekalongan

Agustina, Tri (2016) Implementasi total quality management di Gerai Dinar Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012111065 TRI AGUSTINA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (21MB)
[img] Text
2012111065 TRI AGUSTINA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
Official URL: http://perputakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Kualitas lembaga keuangan syariah berbasis logam mulia pada dasarnya sangat dipengaruhi oleh faktor manajemen. Totalitas kinerja dan pencapaian (achievement) akan terlihat ketika sebuah lembaga menerapkan prinsip total quality management (TQM). Gerai Dinar Pekalongan adalah lembaga keuangan berbasis dinar dirham yang berusaha untuk mengedukasi dan memfasilitasi masyarakat dalam berinvestasi logam mulia. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah, yaitu (1) bagaimana strategi Gerai Dinar Pekalongan dalam melakukan perencanaan kualitas (quality planning)?, (2) bagaimana strategi Gerai Dinar Pekalongan dalam melakukan pengendalian kualitas (quality control)?, dan (3) bagaimana strategi Gerai Dinar Pekalongan dalam melakukan perbaikan atau peningkatan kualitas (quality improvement)?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi Gerai Dinar Pekalongan dalam perencanaan kualitas (quality planning). pengendalian kualitas (quality control), dan perbaikan peningkatan kualitas (quality improvement). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tekrik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahva Gerai Dinar Pekalongan belum sepenuhnya menerapkan prinsip TQM sesuai yang dikemukakan oleh J.M. Juran dalam trilogi kualitasnya. Implementasi TQM di lembaga ini hanya terfokus pada beberapa aspek (indikator trilogi kualitas Juran), seperti identifikasi pelanggan eksternal dengan tidak secara khusus menciptakan keistimewaan produk, tingkat kualitas kinerja diukur dengan mengevaluasi laporan keuangan dan kedisiplinan, kepuasan nasabah diukur menggunakan survey (angket), motivasi peningkatan kualitas kinerja dengan briefing harian dan tilawah Al Quran secara bergiliran. pemberian reward atas prestasi kerja, pelatihan untuk meningkatkan skill bersifat insidental, peninjauan kemajuan, publikasi pencapaian prestasi kerja, ekspansi bisnis secara masif dilakukan oleh Gerai Dinar Pekalongan dalam rangka meningkatkan kualitas lembaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamara, KarimaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, total quality management
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:19
Last Modified: 03 Jan 2024 10:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6031

Actions (login required)

View Item View Item