Pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap loyalitas nasabah pasa PD.BPR Kota Pekalongan

Wildana, Yunus Zaka (2017) Pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap loyalitas nasabah pasa PD.BPR Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
2013112122 YUNUS ZAKA WILDANA BAB 1, V DAN LAMP_1.PDF

Download (17MB)
[img] Text
2013112122 YUNUS ZAKA WILDANA BAB 1 - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pengarah Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah pada PD. BPR BKK Kota Pekalongan. Perbedaan persepsi mengenai riba dan bunga bank di masyarakat termasuk dikalangan ularna telah berlangsung cukup lama. Meskipun telah ada fatwa bahwa bunga bank hanam, akan tetapi masih banyak juga masyarakat muslim yang masih loyal dengan bank konvensional. Untuk dapat terus bertahan di era persaingan yang sangat ketat di industri keuangan seperti saat ini, perusahaan banyak yang berfokus pada loyalitas pelanggan. Pelanggan yang benar-benar loyal bukan saja sanga potensial menjadi word-of-mouth advertisers, namun juga kemungkinan besar loyal pada portofolio produk dan jasa perusahaan selama bertahun-tahun Terdapat pengaruh antara nilai, loyalitas, dan profit. Semakin tinggi nilai yang dirasakan maka semakin tinggi pula loyalitas dan profit yang diperoleh pelanggan. Faktor lain yang mempengaruhi loyalitas nasabah diantaranya adalah kualitas pelayanan Penelitian ini pertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhe lap loyalitas nasabah pada PD. BPR BKK Kota Pekalongan baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan sifat penelitian korelasi dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PD BPR BKK Kota Pekalongan yang berjumlah 3080 nasabah. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah sampel 97 nasabah atau responden. Data penelitian berasal dari kuesioner yang dibuat dengan menggunakan skala likert dan dianalisis dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Hal ini dibuktikan dengan uji parsial (1) yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar (0,003) < (0,05) dan t hitung sebesar (3,040)>1 tabel (1,985) (2) Nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Hal ini dibuktikan dengan uji parsial (1) yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar (0,000) (0,05) dan 1 hitung sebesar (6,485)1 tabel (1,985) (3) Secara simultan variabel kualitas pelayanan dan nilai pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel yaitu sebesar (68,970) (3,09) dengan nilai signifikansi sebesar (0,000) (0,05) (5) Koefisien Determinasi (R) memiliki mlas Adjusted R Square sebesar 0,586 yang berarti sebesar 58,6% loyalitas nasabah PD BPR BKK Kota Pekalongan dapat dijelaskan olch variabel kualitas pelayanan dan nilai pelanggan. Sisanya sebesar 41,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, NalimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan dan loyalitas
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:45
Last Modified: 07 Dec 2023 06:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6035

Actions (login required)

View Item View Item