Strategi pendidikan nilai dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Safinatul Husna Kecamatan Kalideres Jakarta Barat

Darussallam, Bintang Hadi (2023) Strategi pendidikan nilai dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Safinatul Husna Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119075_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2119075_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin meresahkan pengaruh globalisasi,westernisasi dan modernisasi untuk pendidikan bangsa ini. Bila diamati fenomena empirik maka tampaklah perilaku arogan dan anarkis telah menunggangi kasus remaja saat ini. Sepanjang tahun 2021 KPAI menerima pengaduan masyarakat sebanyak 2982 kasus paling banyaknya 1138 kasus anak dilaporkan sebagai kasus korban kekerasan fisik. Pada tahun 2022, KPAI mencatat sejumlah kasus yang melibatkan remaja sebanyak 226 kasus fisik, psikis, dan perundungan. Dalam hal ini strategi pendidikan nilai dalam membentuk karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Safinatul Husna Kecamatan Kalideres Jakarta Barat, guru akidah akhlak MTs Safinatul Husna menerapkan strategi pendidikan nilai dalam membentuk karakter peserta didik menggunakan beberapa strategi yakni keteladanan dari sekitar (moral modelling), mempelajari hal-hal yang baik (moral knowing), tradisional (nasihat) dan pembiasaan (habituasi) serta keberhasilan terbentuknya sebuah karakter dengan beberapa hal antara lain berupa, pengetahuan tentang moral (moral knowing), perasaan tentang moral (moral feeling), dan perbuatan moral (moral action). Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana strategi pendidikan nilai dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Safinatul Husna Kecamatan Kalideres Jakarta Barat? Apa saja faktor pendukung dan penghambat mengenai strategi pendidikan nilai dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Safinatul Husna Kecamatan Kalideres Jakarta Barat? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah Kepala Madrasah Tsanawiyah Safinatul Husna, Wakil Kurikulum, Wakil Kesiswaan, dan guru akidah akhlak Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pendidikan nilai membentuk karakter yang digunakan strategi moral knowing, strategi moral modelling, strategi tradisional, strategi habituasi untuk membentuk nilai karakter peserta didik. Adapun faktor pendukung keluarga, guru, lingkungan, faktor psikologis, , faktor kesehatan, sedangkan faktor penghambat strategi pendidikan nilai dalam membentuk karakter peserta didik yaitu: keterbatasan waktu, kesibukan waktu, jejaring sosial, game online dan situasi lingkungan keluarga, teman atau masyarakat yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, nilai karakter, pendidikan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Dec 2023 02:40
Last Modified: 13 Feb 2024 03:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6038

Actions (login required)

View Item View Item