Pengaruh labelisasi halal dan kode BPOM terhadap keputusan pembelian produk makanan dalam kemasan pada mahasiswa prodi ekonomi syariah STAIN Pekalongan

Nurjanah, Nunung (2016) Pengaruh labelisasi halal dan kode BPOM terhadap keputusan pembelian produk makanan dalam kemasan pada mahasiswa prodi ekonomi syariah STAIN Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2013112105 NUNUNG NURJANAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (14MB)
[img] Text
2013112105 NUNUNG NURJANAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pengarah Labelisasi Halal dan Kode BPOM terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah STAIN Pekalongan. Skripsi Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Program Studi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Agus Fakhrina, M.S.I. Pengambilan keputusan dapat diartikan sebagai suatu proses penilaian dan pemilihan dari berbagai alternatif sesuai dengan kepentingan-kepentingan tertentu dengan menetapkan suatu pilihan yang dianggap paling menguntungkan. Labelisasi halal dan kode BPOM adalah dua dari sekian banyak alternatif yang digunakan oleh konsumen untuk memilih produk, yaitu dilihat dari segi jamiran kehalalan dan kesehatan yang ada dalam produk makanan dalam kemasan. Keputusan Pembelian dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, dalam hal ini peneliti menggunakan labelisasi halal dan kode BPOM sebagai variabel independen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel labelisasi balal dan kode BPOM terhadap keputusan pembelian produk makanan dalam kemasan pada mahasiswa prodi ekonomi syariah STAIN Pekalongan Metode yang digunakan dalam pengumpulan data primer adalah dengan metode Stratified Random Sampling Penelitian ini menggunakan 100 responden yaitu mahasiswa aktif prodi ekonomi syariah STAIN Pekalongan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan labelisasi halal yang terdapat pada produk makanan dalam kemasan mempunyai hubungan dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk makanan dalam kemusan, ditunjukkan dengan nilai Taung sebesar 5,003 dan tingkat signifikan 0,000<0,05. Kode BPOM yang terdapat pada produk makanan dalam kemasan tidak mempunyai hubungan dan secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan dalan kemasan, ditunjukkan dengan nilai aag sebesar 1,672 dan tingkat signifikan 0,098 0,05 Dari hasil uji F dapat diketahui bahwa variabel independen (labelisasi halal dan kode BPOM) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (keputusan pembelian), dengan nilai Fhitime sebesar 29,826.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFakhrina, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Labelisasi halal, kode BPOM dan keputusan pembelian
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:12
Last Modified: 07 Dec 2023 08:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6055

Actions (login required)

View Item View Item