Inovasi Pembelajaran Baca Tulis Alquran sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Dirosah Islamiyah Siswa Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah Kelas I Pondok Modern Tazakka

Yuswandari, Efridaningtyas (2021) Inovasi Pembelajaran Baca Tulis Alquran sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Dirosah Islamiyah Siswa Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah Kelas I Pondok Modern Tazakka. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
5218069-Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5218069-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan fenomena lemahnya kemampuan calon pelajar Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Tazakka dalam menulis Arab atau Alquran, maka tesis ini menjelaskan secara deskriptif membahas tentang inovasi pembelajaran baca tulis Alquran siswa KMI kelas I Pondok Modern Tazakka sebagai upaya meningkatkan prestasi di bidang dirosah Islamiyah. Pondok Modern Tazakka adalah salah satu pondok modern yang menyajikan kurikulum KMI dengan materi-materi pelajaran berbahasa Arab, maka apabila siswa kurang memahami bahasa arab dengan baik maka akan berpengaruh pada pemahaman mata pelajaran dalam dirosah Islamiyah. Inovasi pembelajaran baca tulis Alquran diperlukan untuk menjadi solusi atas kesulitan-kesulitan belajar dalam dirosah Islamiyah dan inovasi ini membuat pembelajaran menjadi lebih mudah, menarik dan menyenangkan bagi siswa. Obyek penelitian ini adalah Pondok Modern Tazakka di Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Penulis meneliti bagaimana pembelajaran baca tulis Alquran dilakukan di Pondok Modern Tazakka? Bagaimana inovasi pembelajaran baca tulis Alquran dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar dirosah Islamiyah mereka? Adapun tujuan penelitian adalah untuk menganalisa dan menemukan jawaban rumusan masalah di atas. Pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan penelitian lapangan. Metode pengumpulan yang dipakai di sini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan metode analisa data yang penulis gunakan ialah analisis deskriptif. Temuan-temuan dari penelitian ini ialah: 1) Pembelajaran baca tulis Alquran di KMI Pondok Modern Tazakka dilakukan dalam bentuk pengajaran materi Alquran, Tajwid, dan Imla’. Metode pengajaran Alquran dan tajwid yang dipakai ialah metode yang mengintegrasikan metode Iqro’, metode Yanbu’a, metode Qiro’ati, dan metode hafalan at-Tawashol. Guru yang mengajari materi tersebut adalah yang memiliki kefasihan membaca, memiliki sertifikat baca Qur’an, memiliki kemampuan qiro’ah yang bagus, dan menguasai tajwid. Pembelajaran itu dilakukan lewat media pembelajaran seperti media audio, video, slide, gambar, lisan, jari, isyarat tangan, laptop, dan tape recorder. Pembelajaran tersebut dievaluasi dengan ujian-ujian; 2) selain pengajaran materi tadi, KMI Pondok Modern Tazakka melakukan beberapa inovasi pembelajaran baca tulis Alquran untuk meningkatkan prestasi Dirosah Islamiyah santri santrinya, yakni inovasi di bidang tujuan pembelajaran baca tulis, inovasi di bidang materi pembelajaran, inovasi di bidang metode pengajaran, inovasi di bidang media pembelajaran, inovasi di bidang pengelolaan guru, dan inovasi di bidang evaluasi belajar. Dengan adanya inovasi pembelajaran baca tulis Alquran terdapat adanya kenaikan dalam prestasi belajar dirosah Islamiyah siswa KMI kelas I Pondok Modern Tazakka

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: baca tulis Alquran, inovasi pembelajaran, pembelajaran.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:10
Last Modified: 07 Dec 2023 08:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6056

Actions (login required)

View Item View Item