Eksistensi Musik dan Relevansinya Dalam Pendidikan Agama Islam di Indonesia Menurut Hazrat Inayat Khan

Mahdi, Manggih Ibrahim (2021) Eksistensi Musik dan Relevansinya Dalam Pendidikan Agama Islam di Indonesia Menurut Hazrat Inayat Khan. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
2052116061-Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2052116061-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Eksistensi musik dan relevansi pendidikan dipandang sebagai sesuatu yang satu. Musik adalah bagian dari seni yang dianggap buatan manusia dan alam adalah dari Tuhan. Inayat Khan mengatakan bahwa alam Tuhan ciptakan sebagai Tuhan dan seni adalah Tuhan ciptakan sebagai manusia. Seorang seniman yang mencapai tingkat kesadaran tertentu akan merasa karya yang dia ciptakan sebetulnya bukan dia yang menciptakan, tetapi ada suatu ide yang datang lalu dia wujudkan. Ini akan menjadi sebuah pendidikan ketuhanan di dalam agama. Musik adalah salah satu bentuk keindahan yang ada di dalam agama Islam. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana Eksistensi musik menurut Pemikiran Hazrat Inayat khan? Bagaimana Relevansi musik dalam pendidikan Agama Islam yang ada di Indonesia menurut pemikiran Hazrat Inayat khan? Tujuan penelitian adalah: Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Eksistensi musik menurut Hazrat Inayat Khan. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Relevansi musik dalam pendidikan Agama Islam yang ada di Indonesia menurut pemikiran Hazrat Inayat Khan. Kegunaan penelitian ini adalah: secara teoritis penelitian diharapkan dapat menambah pengetahuan di bidang keagamaan dan khazanah keilmuan Pendidikan Islam terkait studi perpustakaan pemikiran tokoh-tokoh besar Islam. Secara praktis Diharapkan penelitian ini menjadi acuan khazanah pemikiran tokoh-tokoh Islam dalam membangun peradaban Islam dan Pendidikan Islam secara holistic. Pendekatan penelitian ini adalah penulis menggunakan penelitian studi library, penelitian perpustakaan, yaitu apabila penelitian dilakukan di sebuah perpustakaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dibagi menjadi dua, primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui karya-karya Inayat Khan yang berupa studi buku. Teknik analisis data dengan kualitatif Penelitian ini telah menemukan bahwa Hazrat Inayat Khan , yang memandang musik lebih dari dimensi manusia dan pendidikan namun lebih dalam lagi ke dalam dimensi alam semesta dan Pencipta-Nya, musik tidak terikat bentuk. Musik disebut sebagai seni surgawi. dikatakan Inayat evolusi yang tinggi akan mencapai keadaan menyadarkan seorang spritual akan objektif pemikiranya ketaatan, cinta pujian rasa syukur akan ia memvisualisasikan dalam bentuk ideal dari ketaatanya ketika mendengarkan musik. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan Agama Islam adalah perwujudan nilai-nilai Islami dalam pribadi peserta didik yang diperoleh dari pendidik muslim melalui proses yang terfokus pada pencapaian hasil (produk) yang berkepribadian Islam yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, Relevansi, Musik, Pendidikan Agama Islam Indonesia,
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:17
Last Modified: 07 Dec 2023 08:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6058

Actions (login required)

View Item View Item