Eksperimentasi Penggunaan Media Pembelajaran Game Edukasi Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Karangdadap

Fadila, Ayu (2023) Eksperimentasi Penggunaan Media Pembelajaran Game Edukasi Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Karangdadap. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619107_Cover_Bab I - V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2619107_ Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu pemicu menurunnya hasil belajar matematika yaitu pemakaian media pembelajaran yang masih konvensional. Dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang mampu merubah tidak menariknya matematika menjadi begitu menyenangkannya matematika, contohnya dengan menerapkan game edukasi. Quizizz adalah aplikasi sekaligus web yang bisa difungsikan sebagai game edukasi untuk membantu guru menyampaikan materi ajar. Ada banyak fitur pada Quizizz yang belum banyak diketahui, salah satunya yaitu fitur Paper Mode. Quizizz Paper Mode adalah fitur Quizizz yang dapat dilakukan secara offline. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Karangdadap yang menggunakan media pembelajaran game edukasi Quizizz Paper Mode?, 2) bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Karangdadap yang tidak menggunakan media pembelajaran game edukasi Quizizz Paper Mode? dan 3) apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara kelas yang menggunakan media pembelajaran game edukasi Quizizz dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran game edukasi Quizizz Paper Mode?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yang telah diuraikan. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah sebagai acuan bagi guru matematika maupun pihak lain yang berkepentingan dalam usaha meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang dipilih untuk penelitian ini yaitu quasi eksperimental dengan menerapkan posttest-only control design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, hasil belajar matematika kelas IX E dengan menggunakan media pembelajaran game edukasi Quizizz Paper Mode diperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 81,67 dan berada pada kategori tinggi. Kedua, hasil belajar matematika kelas IX D tanpa menggunakan media pembelajaran game edukasi Quizizz Paper Mode diperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 75,83 dan berada pada kategori rendah. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran game edukasi Quizizz Paper Mode dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran game edukasi Quizizz Paper Mode. Dibuktikan dengan nilai t_hitung> t_tabel dimana 2,246 > 2,002.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Quizizz Paper Mode, Hasil Belajar Matematika
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:09
Last Modified: 30 Jan 2024 04:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6085

Actions (login required)

View Item View Item