Studi Komparasi Tentang Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Ibnu Miskawaih Dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas

Mahmud, Hisyam (2022) Studi Komparasi Tentang Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Ibnu Miskawaih Dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
5218003-Bab1&5.pdf

Download (16MB)
[img] Text
5218003-fulltext.pdf

Download (17MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Hisyam Mahmud, NIM. 5218003. 2022. Studi Komparasi Tentang Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Ibnu Miskawaih Dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Tesis Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana IAIN Pekalongan. Pembimbing: (1) Dr. Slamet Untung, M.Ag. (2) Dr. H. Ahmad Ubaedi Fathuddin, M.A. Kata Kunci: Pendidikan, Akhlak, Ibnu Miskawaih, Syed M Naquib Al-Attas. Konsep pendidikan akhlak adalah tema sentral bagi pelaksanaan pendidikan, karena pendidikan akhlak merupakan asas dasar bagi manusia untuk berinteraksi dengan Sang Pencipta maupun dengan sesama manusia. Banyak para ahli pendidik Islam yang telah memberikan perhatian serius dalam mengkaji konsep pendidikan akhlak antara lain; Ibnu Miskawaih dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas yang merupakan salah satu cendekiawan muslim dalam pendidikan yang kompeten dalam mengembangkan pemikiran pendidikan Islam pada zamannya. Ironisnya pada saat ini anyak dari kalangan para pemerhati pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam, mengadopsi konsep-konsep pendidikan Barat secara tidak kritis. Sehubungan dengan hal itu, maka penulis ingin mengkaji kembali pandangan Ibnu Miskawaih dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang konsep pendidikan akhlak yang terkemas dalam suatu rumusan penelitian: 1) Bagaimana pemikiran pendidikan akhlak dalam perspektif Miskawaih dan Al-Attas ? 2) Bagaimana komparasi pemikiran pendidikan akhlak dalam perspektif Miskawaih dan Al-Attas ?Serta 3) Bagaimana aktualisasi pemikiran pendidikan akhlak Miskawaih Dan AlAttas dewasa ini ? Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan analisis komparatif. Data yang digunakan adalah sumber data primer. Sedangkan data yang kedua adalah sumber data skunder dan data-data yang sesuai dengan judul peneliti. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dan teknik analisis datanya menggunakan content analysis. Sementara pembahasannya menggunakan metode deduksi, induksi dan komparasi. Dari hasil penelitian ini terungkap bahwa konsep pendidikan Akhlak Miskawaih adalah keadaan jiwa yang mendorong manusia untuk melakukan perbuatan secara spontan, dapat diperoleh pembawaan sejak lahir, dapat juga dengan latihan membiasakan diri, hingga menjadi sifat kejiwaan yang dapat melahirkan perbuatan yang baik yang dikenal dengan konsep al-wasith. Sedangkan konsep pendidikan akhlak menurut Al-Attas adalah pengenalan dan pengalaman untuk memahami makna sesuatu sebagai upaya pembentukan akhlak yang dikenal dengan konsep ta’dib. Adapun perbandingan dari kedua tokoh tersebut menunjukkan bahwa keduanya mengalami banyak persamaan dibandingkan perbedaannya. Persamaan tersebut terletak pada landasan dasar akhlak yang mengacu pada al- Qur’an dan alHadits, materi pendidikan, serta tujuan pendidikan akhlak. Sedangkan perbedaannya terletak pada hakikat dan metode pendidikan akhlak. Menurut Miskawaih bahwa akhlak itu diperoleh dari pembawaan dan lingkungan di sekitarnya. Sedangkan AlAttas berpendapat bahwa akhlak mengalami perubahan dikarenakan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUbaedi Fathuddin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Akhlak, Ibnu Miskawaih, Syed M Naquib Al-Attas
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:56
Last Modified: 11 Dec 2023 08:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6090

Actions (login required)

View Item View Item