Gunawan, Gunawan (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Hasyim Asy'ari Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
2619082_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (9MB) |
|
Text
2619082_Full Text.pdf Download (11MB) |
Abstract
Kurangnya variasi penerapan model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses belajar matematika menjadi suatu permasalahan, hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman guru dalam menerapkan model-model pembelajaran. Dalam proses meningkatkan hasil belajar yang baik, maka guru perlu menggunakan variasi model pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik dan antusias untuk mengikuti pelajaran dengan baik. Dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar tersebut maka harus dilaksanakan pembelajaran dengan baik salah satunya menggunakan model pembelajaran kooperatif two stay two stray. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray terhadap keaktifan siswa kelas XI SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan pada mata pelajaran matematika, 2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan pada mata pelajaran matematika, 3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan Quasi Eksperimen Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh jumalah populasi yang berjumlah 40 siswa dengan teknik pengambilan sampel teknik sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray terhadap keaktifan siswa kelas XI SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan sebesar 28,3% dengan nilai F = 14,983 dan nilai signifikansi 0,000, yang menunjukkan jika nilai signifikansi < 0,05 maka H_o ditolak, H_a diterima. Artinya penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap keaktifan siswa. Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan sebesar 39,8% dengan nilai F = 25,108 dengan nilai signifikansi 0,000 dimana 0,000 < 0,05 maka dinyatakan bahwa H_o ditolak, H_a diterima yang berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar Matematika siswa. Dan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan secara simultan sebesar 42,6% dengan hasil pada uji MANOVA dengan nilai F = 13,741 dan nilai signifikansi sebesar 0,000.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray, Keaktifan, Hasil Belajar. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2023 06:20 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2024 02:53 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6097 |
Actions (login required)
View Item |