Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Di SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan

Hadi, Furqon (2022) Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Di SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
5218003-Bab1&5.pdf

Download (16MB)
[img] Text
5218003-fulltext.pdf

Download (17MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Furqon Hadi, NIM. 5218026. 2022. Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Di SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan. Tesis Magister Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana IAIN Pekalongan. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Sopiah, M.Ag. (2). Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam (PAI) Pembelajaran daring menjadi sarana yang tidak terelakkan saat pandemi covid 19 melanda. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik dalam menanamkan pendidikan karakter. Implementasi pembelajaran daring tentu menimbulkan problem yang harus ditangani secara lebih serius agar tujuan pendidikan itu berhasil lebih optimal. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan? 2. Bagaimana solusi dan implikasi dari implementasi embelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan pendidikan karakter di SMK hammadiyah Kota Pekalongan? Tujuan penelitian adalah: 1. Menganalisis pembelajaran daring matapelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan. 2.Menganalisis problem-problem pembelajaran daring pada mata pelajaranPendidikan Agama Islam dalam menanamkan pendidikan karakter. 3. nganalisissolusi dan implikasi dari implementasiembelajaran daring pada mata pelajaranPendidikan Agama Islam dalam enanamkan pendidikan karakterJenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulandata melalui: interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptifdengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Penelitian ini menghasilkan temuan: (1) Implementasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan,: a)Pembelajaran dilakukan di dalam akses internet dengan tidak bertatap mukasecara langsung, b). Kelebihan dari pembelajaran daring yaitu fleksibel atau keluwesan waktu dan tempat belajar, c). Kekurangan dalam pembelajaran daringini sekaligus sebagai tantangan adalah keahlian dalam penggunaan teknologi daripihak pendidik maupun peserta didik d) Guru mata pelajaran rumpunPendidikan Agama Islam sudah berusaha menanamkan karakter pada peserta didik, padaproses pendahuluan guru berusaha menanamkan nilai karakter religius dengantadarus Qur’an dan pesan-pesan moral (2) Solusi problem pembelajaran daring:a). Komitmen guru, b) Guru menyeimbangkan pencapaian materi dengan nilainilai karakter,sekolah, c) Melakukan sosialisasi dengan orangtua, d) Gurumengevaluasi melalui penilaian sikap, dan sekolah telah menanamkan nilai-nilaikarakter melalui kegiatan ekstrakurikuler serta budaya sekolah..xiiiABSTRACT Furqon Hadi, NIM. 5218026. 2022. Implementation of Onli

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
AuthorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: : Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 12 Dec 2023 00:41
Last Modified: 12 Dec 2023 00:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6098

Actions (login required)

View Item View Item