Paparingga Ria, Shellva (2022) Peran Manajemen Pembelajaran Tahfidz al-Quran di Islamic Boarding School dalam Pembentukan Karakter Siswa MAN 1 Kota Pekalongan. Masters thesis, IAIN Pekalongan.
Text
5218029-Bab1&5.pdf Download (12MB) |
|
Text
5218029-fulltext.pdf Download (13MB) |
Abstract
Shellva Ria Paparingga. NIM. 5218029. 2021. Peran Manajemen Pembelajaran Tahfidz al-Quran di Islamic Boarding School dalam Pembentukan Karakter Siswa MAN 1 Kota Pekalongan. Tesis Pascasarjana Magister Pendidikan Agama Islam IAIN Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dr. Slamet Untung, M. Ag dan Dr. Makrum, M. Ag. Kata kunci: Manajemen Pembelajaran, Tahfidzul Qur’an, Boarding School, Karakter Manajemen pembelajaran memiliki kedudukan yang sangat penting dalam pembelajran karena karena mengatur dan mendayagunakan semua perangkat pembelajaran. Sementara pembelajaran Tahfidzul Qur’an dalam program boarding school menjadi program pembelajaran yang sangat penting yang diharapkan dapat membentuk karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganlisis manajemen pembelajaran Tahfidz al-Qur'an pada Islamic Boarding School dalam pembentukan karakter siswa di MAN 1 Kota Pekalongan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan kepala asrama, pengasuh asrama, 2 santri putra dan 2 santri putri Islamic Boarding School MAN 1 Kota Pekalongan, hasil observasi dan dokumentasi terkait manajemen pembelajaran Tahfidz al-Qur'an pada Islamic Boarding School dalam pembentukan karakter siswa. Analisis data yang digunakakan menggunakan analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa manajemen pembelajaran tahfidzul Qur’an di Islamic Boarding School MAN 1 Kota Pekalongan telah diterapkan dengan menggunakan fungsi-fungsi pembelajaran, meliputi; (1) perencanaan pembelajaran tercermin dalam menyusun materi pembelajaran, menentukan metode pembelajaran, tahfidzul Qur’an, menyusun jadwal pembelajaran dan membuat tata tertib pembelajaran. (2) pelakasanaan pembelajaran, terlihat dalam pengelolaan kelas dan peserta yang dilakukan oleh ustadz dan ustzdah dalam proses pembelajaran dengan memotivasi santri dengan kisah inspiratif dan menyelingi pembelajaran dengan cerita lucu untuk mencairkan suasana pembelajaran. (3) evaluasi pembelajaran dilakukan setiap hari saat santri setoran hafalan kepada ustadz dan dilakukan pada akhir semester. Sementara nilai-nila karakter yang terbentuk, yaitu: religius, disiplin, mandiri, tanggung jawab dan Kerjasama. Nilai-nilai karakter tersebut terbentuk melalui semua kegiatan pembelajaran tahfidzul Qur’an Islamic boarding school, seperti muraja’ah sendiri dan kelompok, shalat berjama’ah, shalat tahajud, shalat dhuha, pembagian jadwal piket keamanan dan kebersihan asrama, merapikan tempat tidur, mencuci pakaian sendiri, mengerjakan tugas bersama-sama.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran, Tahfidzul Qur’an, Boarding School, Karakter | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2023 01:23 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Dec 2023 01:23 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6099 |
Actions (login required)
View Item |