Strategi Pendidikan Karakter di SMP N 10 Pekalongan. Tesis Magister Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan

Aditya, Muhammad (2022) Strategi Pendidikan Karakter di SMP N 10 Pekalongan. Tesis Magister Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
5219011-Bab1&5.pdf

Download (6MB)
[img] Text
5219011-fulltext.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Aditya, Muhammad. 2022. Strategi Pendidikan Karakter di SMP N 10 Pekalongan. Tesis Magister Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag., Dr. Slamet Untung, M.Ag Kata Kunci : Strategi, Pendidikan dan Karakter Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui .(1) Bagaimana Karakter Siswa di SMP Negeri 10 Pekalongan(2)Bagaimana Strategi Pendidikan Karakter yang diterapkan di SMP Negeri 10 Pekalongan (3)Apa Saja implikasi Strategi Pendidikan Karakter di SMP Negeri 10 Pekalongan. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif lapangan. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 10 Pekalongan, Sumber data penelitian ini adalah peristiwa, informasi dan dokumen. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, riangulasi review informan kunci. Data penelitian dianalisis enggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan esimpulan. di lingkungan sekolah maupun didalam kelas . Subyek enelitian terdiri atas: guru, kepala sekolah, dan siswa. Objek penilitian adalah strategi pendidikan karakter, yang tercantum dalam:. Instrumen penelitian adalah pedomanan wawancara, lembar observasi, dan catatan lapangan. Analisis data dengan metode diskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa: (1) adapun mengenai karakter siswa di SMP Negeri 10 Pekalongan dapat di simpulkan bahwa bentuk penerapan karakter yang dilakukan penulis Pendidikan karakter sangat penting untuk membangun kembali peradaban bangsa. Dan Peran lembaga pendidikan diharapkan lebih proaktif, kreatif dan inovatif dalam merancang proses pembelajaran yang benar-benar mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan karakter. Dalam konteks inilah, proses pendidikan karakter perlu dirancang secara holistik dan kontekstual sehingga mampu membangun pemikiran yang dialogis-kritis dalam membentuk manusia yang berkarakter(2) strategi pendidikan karakter di SMP Negeri 10 Pekalongan dapat dilakukan dengan pembelajaran Agama, seperti sholat jumat berjamaah . (3) . implikasi strategi pendidikan karakter juga ada kaitannya dengan bagaimana caranya agar siswa dapat memiliki bentuk karakter yang baik dengan berdasarkan kaidah dan nilai-nilai moral keislaman yang baik

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
AuthorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategy, Education and Character
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:09
Last Modified: 12 Dec 2023 02:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6101

Actions (login required)

View Item View Item