Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Karanganyar Kabupaten Pekalongan

Aprilina, Tri (2022) Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
5219058-Bab1&5.pdf

Download (25MB)
[img] Text
5219058-fulltext.pdf

Download (26MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

SMPN 1 Karanganyar adalah sekolah yang terletak di daerah pedesaan dengan jaringan internet yang cenderung tidak lancar, sedangkan dalam pembelajaran daring membutuhkan jaringan internet yang lancar. Dalam pelaksanaan pembelaran daring tentu membutuhkan strategi pembelajaran yang berbeda, tidak sama dengan pembelajaran tatap muka. Pembelajaran daring ini juga tentu akan berdampak bagi guru, siswa dan juga pada hasil pembelajaranya. Rumusan masalah penelitian ini yaiu: Bagaimana implentasi pembelajaran daring yang diterapkan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Karanganyar?. Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring di SMPN 1 Karanganyar. Apa dampak dari pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Karanganyar?. Dengan tujuan penelitian: Untuk menganalisis implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Karanganyar kabupaten Pekalongan. Untuk menganalisis dampak dari sistem pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Karanganyar kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dipaparkan dengan teknik analisis deskriptif maka analisanya berlangsung selama dan pasca pengumpulan data, yang dipaparkan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian ini diantaranya: Pada tahap persiapan, guru membuat palikasi pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran daring dan membuat bahan pembelajaran daring. Pelaksanaan Pembelajaran daring menggunakan aplikasi pembelajaran. Pada tahap evaluasi pembelajaran daring menggunakan aplikasi Google Formulir. Faktor pendukung berupa bantuan kuota, sarana komputer serta dampingan dari guru dan orang tua. Faktor penghambat berupa kurang lancarnya jaringan internet, hambatan ekonomi dan rasa kejenuhan siswa. Dampak positif pembelajaran daring diantaranya siswa menjadi lebih mandiri, kreatif dan inovatif, mengembangkan pola pikir siswa dan memupuk sikap tanggung jawab pada siswa. Menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan guru khususnya pada bidang tekhnologi. Kegiatan pembelajaran menjadi lebih kreatif dan inovatif. Dampak negatif pembelajaran daring diantaranya siswa kesulitan dalam memahami materi, siswa cepat merasa bosan, dan waktu belajar siswa lebih sedikit. Lebih menguras waktu, tenaga, dan pikiran guru. Pada tahap evaluasi nilai hasilnya kurang efektif karena guru tidak bisa memantau siswa secara langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
AuthorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:11
Last Modified: 29 Dec 2023 09:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6103

Actions (login required)

View Item View Item