Konsep Pendidikan Integratif berbasis Philosophical Approach menurut Prof. Dr. Hamka (telaah buku falsafah hidup).

Sulaiman, Muh andi (2022) Konsep Pendidikan Integratif berbasis Philosophical Approach menurut Prof. Dr. Hamka (telaah buku falsafah hidup). Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
5220035-Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5220035-fulltext.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Muh Andi Sulaiman, NIM. 5220035. 2021. Konsep Pendidikan Integratif berbasis Philosophical Approach menurut Prof. Dr. Hamka (telaah buku falsafah hidup). Tesis Magister Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana IAIN Pekalongan. Pembimbing: (1) Dr. H. Ahmad Ubaedi Fathuddin, M.A. (2) Dr. Muhamad Jaeni, M.Pd, M.Ag. Kata Kunci: Pendidikan, Integratif, Hamka, Pendidikan Integratif ialah pengajaran yang terletak pada bagian-bagian kehidupan yang meliputi arah Rabbaniyyah (alam ketuhanan), insaniyah (manusia) serta teratur. Pendidikan Integratif juga dicirikan sebagai sesuatu yang diperlukan untuk pengakuan kehidupan yang layak serta pengajaran yang menganggap manusia sebagai manusia fisik, dunia lain, berpendidikan, antusias serta sosial yang akan menciptakan manusia dengan kehormatan tinggi. Banyak orang-orang yang belum faham akan hakekat dari pendidikan, terutama pendidikan integratif, yang mana pendidikan integratif adalah kesinambungan satu sama lain antara ilmu dengan akal, yang menjadikan manusia lebih berfikir bahwa orientasi pendidikan adalah menumbuhkan budi pekerti yang baik, agama dengan filsafat, yaitu banyak orang yang tidak menjadikan filsafat sebagai alat pendorong dalam memahami beragama, meskipun agama itu bukan filsafat, kemudian Islam dengan Negara, yaitu seyogyanya setelah dua factor itu terpenuhi seorang muslim lebih bijak dalam bernegara dalam impelementasi pendidikan yang telah ditempuh, yaitu menjadi warga Negara Indonesia yang demokratis dan bertanggung jawab, tidak sebaliknya. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana konsep pendidikan Integratif menurut Hamka? Bagaimana pelaksanaan pedidikan Integratif Hamka? Bagaimana relevansi pemikiran pendidikan integratif Hamka terhadap dunia pendidikan modern? . Tujuan penelitian adalah : Untuk mengelaborasi konsep pendidikan Integratif menurut Hamka. Untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan Integratif Hamka. Untuk mengkaji relevansi konsep pendidikan Integratif perspektif Hamka terhadap dunia pendidikan modern. Kegunaan penelitian ini adalah : Penelitian ini diharapkan dapat mendeskripsikan bagaimana “Konsep Pendidikan Integratif berbasis hilosophical Approach menurut Prof. Dr. Hamka (telaah buku Falsafah Hidup)”. Penelitian ini tergolong jenis penelitian kualitatif yang bercorak st udi pustaka (library research) dengan metode deskriptif, di mana jenis penelitian yang sumber datanya berasal dari naskah-naskah berupa dokumen. Adapun penelitian dilakukan dengan pendekatan filosofis-historis yaitu, data yang diteliti merupakan data yang diperoleh dari hasil telaah kepustakaan buku-buku teks yang relevan dengan pembahasan penelitian yang akan dilakukan. Penelitian ini menghasilkan temuan konsep pendidikan Integratif perspektif Hamka adalah suatu kesinambungan antara ilmu dengan akal, agama dengan filsafat, dan Islam dengan Negara. Tujuan ilmu yaitu ma’rifatullah (mengenal Allah), dengan akal manusia mampu berfikir bahwa sejatinya manusia akan kembali kepada fitrahnya. Fitrahnya yaitu menjadi manusia yang berbudi pekerti (akhlaqul karimah), sebagaimana Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT untuk menyempurnakan Akhlak manusia, dengan ilmu filsafat seorang muslim mampu beragama dengan benar, yang harapan kedepannya bisa menjadi warga Indonesia yang demokratis dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
AuthorFathuddin, Ahmad UbaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Integratif, Hamka
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:31
Last Modified: 12 Dec 2023 03:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6104

Actions (login required)

View Item View Item