Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X Di MAS Simbangkulon Buaran Pekalongan

Wafiyyah, Azfyatul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X Di MAS Simbangkulon Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2617050_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2617050_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi manusia yang bersifat dinamis antara siswa, guru, dan lingkungan sehingga tercapai suatu perubahan tingkah laku pada siswa sebagai hasil belajar. Pembelajaran memiliki tujuan yang harus dicapai yakni perubahan perilaku yang terjadi kepada siswa yang diharapkan oleh guru setelah mempelajari suatu materi yang diberikan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa tujuan dari pembelajaran tidak dipandang dari hasilnya saja tetapi proses selama kegiatan berlangsung. Kurikulum pada tingkat satuan dasar dan menengah pada tujuan mata pembelajaran matematika tercantum agar siswa memiliki 5 kemampuan m atematis salah satunya adalah kemampuan komunikasi matematis. Salah satu perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan untuk mendukung peningkatan kemampuan komunikasi matematis adalah perangkat pembelajaran matematis yang menggunakan model think talk write. Pada model pembelajaran think talk write (TTW) memiliki tiga tahapan yakni berpikir (think), berbicara (talk), dan menulis (write) yang sesuai dengan tiga aktivitas yang membangun dasar pembelajaran. Salah satu yang menyebabkan kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu sulit mereka dalam memahami atau menjelaskan penyelesaian masalah dari masalah matematika yang dihadapi oleh mereka. Memahami atau menjelaskan penyelesaian masalah dari masalah matematika yang mereka hadapi maka diperlukan pemahaman penalaran matematis yang baik. Berdasarkan permasalahan di atas, akan dilakukan ujicoba perangkat pembelajaran dengan model think talk write. Untuk skripsi ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X Di MAS Simbangkulon”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap komunikasi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X di MAS Simbangkulon. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap komunikasi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X di MAS Simbangkulon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan penelitian ini sebanyak 60 siswa dari total siswa kelas X di MAS Simbangkulon. yang terdiri dari 2 yaitu kelas MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. pengambilan data dilakukan setelah proses pembelajaran menggunakan instrumen tes. Instrumen tes berupa soal pre-test dan post-test sebanyak 5 soal berbentuk esai. Hasil penelitian berdasarkan hasil nilai pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-tes memperoleh hasil nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran think talk write. Sementara itu nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 89,2 > 79,2 menunjukan adanya perbedaan rata-rata nilai tes yang diperoleh di kelas eksperimen dan kontrol itu berarti nilai tes kelas eksperimen lebih baik dibanding dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, NalimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Think Talk Write, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 12 Dec 2023 06:29
Last Modified: 30 Jan 2024 06:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6107

Actions (login required)

View Item View Item