Sulistyaningsih, Endang (2023) Internalisasi Karakter Religius Melalui Kegiatan Rohani Islam bagi peserta didik SMK Muhammadiyah Talun Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
endang 1-5.pdf Download (10MB) |
|
Text
endang full.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Internalisasi merupakan suatu proses karena di dalamnya ada unsur perubahan dan waktu. Proses penanaman nilai memerlukan waktu yang terus menerus dan berkelanjutan sehingga seseorang akan menerima nilai -nilai yang telah ditanamkan pada dirinya dan akan memunculkan perilaku sesuai dengan nilai yang diperolehnya. Permasalahan pada penelitian ini: 1. Bagaimana karakter religius peserta didik di SMK Muhammadiyah Talun Kabupaten Pekalongan? 2. Bagaimana internalisasi karakter religius melalui kegiatan rohani Islam peserta didik SMK Muhammadiyah Talun Kabupaten Pekalongan? 3. Bagaimana efektivitas internalisasi karakter religius melalui kegiatan rohani Islam peserta didik SMK Muhammadiyah Talun Kabupaten Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk menganalisis karakter religius peserta didik, Untuk menganalisis internalisasi karakter religius melalui kegiatan rohani Islam peserta didik dan untuk menganalisis efektivitas internalisasi karakter religius melalui kegiatan rohani Islam peserta didik SMK Muhammadiyah Talun Kabupaten Pekalongan. Sedangkan Kegunaanya yaitu: diharapkan dapat berguna baik secara teoritis maupun praktis. Secara teoritis dapat menambah pengetahuan, terutama karakter religius, bagi siapa saja yang memerlukan. Sedangkan secara praktis dapat menjadi panduan bagi guru dalam membina karakter siswa.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data dilakukan peneliti melalui observasi, dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1. Karakter religius peserta didik di SMK Muhammadiyah Talun yaitu nilai religius telah terintegrasi pada proses pembelajaran. 2. Internalisasi karakter religius melalui kegiatan rohani Islam peserta didik SMK Muhammadiyah Talun dilakukan dengan Pembiasaan Senyum, Salam, dan Salim (3S), Pembiasaan literasi Al-Qur’an, Pembiasaan ibadah sholat, Pembiasaan bersikap disiplin,Pembiasaan memiliki sikap tang gungjawab, Pembiasaan bersikap jujur dan pembiasaan hidup bersih dan sehat. 3. Efektivitas internalisasi karakter religius melalui kegiatan rohani Islam peserta didik SMK Muhammadiyah Talun Kabupaten Pekalongan yaitu segi input dari tenaga pendidik termasuk sangat baik. Kemudian dalam proses (process) dan hasil (output) sudah sudah dilaksanakan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Karakter, Religius | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2023 06:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 Jan 2024 08:15 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6108 |
Actions (login required)
View Item |