Pengembangan Metode Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Siswa Menghafal Di Sd Islam Al-Bayan Wiradesa Pekalongan

Muhandisah, Fitrotun (2023) Pengembangan Metode Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Siswa Menghafal Di Sd Islam Al-Bayan Wiradesa Pekalongan. Masters thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5220008-Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5220008-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Fitrotun Muhandisah, NIM. 5220008. 2022. Pengembangan Metode Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Siswa Menghafal di SD Islam Al-Bayan Wiradesa Pekalongan. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: (1) Dr. H. Salafudin, M.Si. (2) Prof. Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. Al-Qur'an adalah wahyu Allah kepada seluruh umat yang ada sejak Nabi Muhammad SAW diberi perintah sebagai Rasul sampai akhir masa. Tahfidz AlQur’an adalah proses yang dilakukan untuk menghafal Al-Qur’an yang sudah menjadi bagian terpenting dalam menjaga Al-Qur’an. Dalam pembelajaran Tahfidz Al Qur’an terdapat beberapa kendala diantaranya motivasi siswa dalam menghafal Al Qur’an. Kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran tahfidz menyebabkan rendahnya pencapaian sehingga jauh dari target hafalan yang ditetapkan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran itahfidz Al-Qur’an, bagaimana motivasi siswa menghafal, bagaimana pengembangan metode pembelajaran tahfidz Al-Qur’an sebagai upaya peningkatan motivasi siswa menghafal Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, menganalisis motivasi belajar siswa dalam menghafal Al-Qur’an dan menganalisis pengembangan metode pembelajaran tahfidz Al-Qur’an sebagai upaya peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran. Penulis berharap metode ini dapat dijadikan masukan bagi guru tahfidz dan dapat dijadikan referensi penelitian sejenis serta perumusan kebijakan oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan dengan pendidikan tahfidz Al-Qur’an. Penulis menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Islam Al-Bayan Wiradesa kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa pelaksanaan pembelajaran tahfidz dii SD Islam Al-Bayan wiradesa menggunakan metode Tikrar, sehingga guru pengampu mata pelajaran tahfidz merasa perlu ada pengembangan metode pengembangan dalam pembelajaran tahfidz agar dapat memaksimalkan waktu yang terbatas. Penulis menawarkan pembelajaran berupa metode gabungan MuTiSo yaitu gabungan antara metode murojaah, tikror dan sorogan. Berdasarkan data yang diperoleh, metode tersebut efektif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur’an dengan rasio 36,5. Hasil pretesnya adalah 87 dan post test menunjukkan 98,1. Penulis menyimpulkan bahwa penerapan metode tersebut sudah sangat sesuai diterapkan sebagai metode pembelajaran yang baik untuk mengajarkan tahfidz Al-Qur’an pada tingkat sekolah dasar. xiv ABSTRACT Fitrotun Muhandisah, NIM. 5220008. 2022. The Development of Tahfidz Al-Qur'an Learning Method as an Effort to Increase Students' Motivation to Memorize at AlBayan Wiradesa Islamic Elementary School Pekalongan. Thesis of Master of Islamic Education Study Program, Postgraduate of UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Supervisor: (1) Dr. H. Salafudin, M.Si. (2) Prof. Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. The Qur'an is the revelation of Allah to all people who have existed since the Prophet Muhammad was given the command as an Apostle until the end of time. Tahfidz Al-Qur'an is a process carried out to memorize the Qur'an which has become the most important part in maintaining the Qur'an. In learning Tahfidz Al Qur'an, there are several obstacles including students' motivation in memorizing the Qur'an. Lack of students' motivation in learning tahfidz causes low competitiveness so that it is far from the set rote target. The problem formulation of this research is how to learn tahfidz Al-Qur'an, how to motivate students to memorize, how to develop learning method to tahfidz Al-Qur'an as an effort to increase students' motivation to memorize Al-Qur'an. The purpose of this study is to analyze the learning process of tahfidz Al-Qur'an, analyze students' learning motivation in memorizing the Qur'an and analye the learning method of tahfidz Al-Qur'an as an effort to increase student motivation in learning. The author hopes that this method can be used as input for tahfidz teachers and can be used as a reference for similar research and policy formulation by parties who have an interest in tahfidz Al-Qur'an education. The author uses the method of Research and Development (Research and Development) ADDIE’s model (Analisis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data collection through interviews and questionnaires. The subjects of this study were 5th grade students of Al-Bayan Wiradesa Islamic Elementary School, Pekalongan Regency. This study resulted in the finding that the implementation of tahfidz learning at SD Islam Al-Bayan wiradesa uses the Tikrar method, so that teachers who support tahfidz subjects feel the needs of developing methods in tahfidz learning in order to maximize the limited learning time. The author offers learning in the form of a combined MuTiSo method, which is a combination of the murojaah, tikror and sorogan methods. Based on the data obtained, the method is effective in increasing students' motivation in memorizing the Qur'an with a ratio of 36.5. The pretest result was 87 and the post test showed 98.1. The author concludes that the application of this method is appropriate to be applied as a good learning method to teach tahfidz AlQur'an at the elementary school level.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRohayana, Ade DediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Metode Pembelajaran, Motivasi Menghafal Keywords: Development, Learning Methods, Memorization Motivation
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:58
Last Modified: 12 Dec 2023 08:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6111

Actions (login required)

View Item View Item