Pembelajaran Otentik Masa Khalifah Al-Ma’mun Dan Relevansinya Dengan Merdeka Belajar

Wibowo, Slamet Hadi (2022) Pembelajaran Otentik Masa Khalifah Al-Ma’mun Dan Relevansinya Dengan Merdeka Belajar. Masters thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
52200043-Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
52200043-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Slamet Hadi Wibowo.5220043.2022. Judul Penelitian: “Pembelajaran Otentik pada masa khalifah Al-Ma’mun dan relevansinya dengan merdeka belajar”. Tesis Pascasarjana Prodi PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dr. SALAFUDIN, M.Si dan Dr. SLAMET UNTUNG, M.Ag. Latar belakang penulisan Tesis adalah menghadirkan solusi yang diakibatkan oleh peralihan zaman yang memiliki karakter otentik tersendiri. Menghadirkan arah pembelajaran dengan relevansi sejarah pembelajaran yang otentik dengan tujuan bisa menguatkan pembelajaran otentik diperalihan zaman ini.Rumusan masalah penelitian yaitu bagaimana pembelajaran otentik pada masa Khalifah Al-Ma’mun. Bagaimana relevansi pembelajaran otentik pada masa Khalifah Al-Ma’mun dengan Merdeka Belajar. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study library yang memparafrasekan serta mengolah pargraf dan kalimat dari buku-buku dan penelitian sejarah dengan kondisi pembelajaran saat ini, sehingga menghasilkan interpretasi tema atau deskripsi yang tervalidasi keakuratan informasinya. Hasil penelitian menunjukan Pembelajaran Otentik Pada Masa Khalifah AlMa’mun dan Relevansinya dengan Merdeka Belajar menjawab kebutuhan pembelajaran otentik dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi nyata berdasarkan teori Hylda taba dan Tylor yang mengusahakan pembelajaran yang berkesan dan menyeluruh. Pembelajaran yang berkesan dan menyeluruh memiliki peran identitas keotentikan intelektual yang mengakui keberagaman pemahaman dan pemikiran. Relevansi memberikan kekayaan untuk semangat menjadi penggerak pendidikan yang inovatif serta mampu mengintegrasikan pembelajaran secara landkap dengan kegiatan sehar-hari. xiii ABSTRACT Slamet Hadi Wibowo.5220043.2022. Research Title: "Authentic Learning during the time of caliph Al-Ma'mun and its relevance to independent learning". Postgraduate Thesis of PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Study Program. Supervisors: Dr. SALAFUDIN, M.Si and Dr. SLAMET UNTUNG, M.Ag. The background of writing the Thesis is to present solutions caused by the transition of times that have their own authentic character. Presenting a learning direction with the relevance of authentic learning history with the aim of strengthening authentic learning in this transitional era.The formulation of the research problem is how authentic learning during the time of Caliph Al-Ma'mun. How is the relevance of authentic learning during the time of Caliph Al-Ma'mun to Freedom of Learning. In this study, a qualitative approach was used with the type of study library research that paraphrases and processes pargraphs and sentences from books and historical research with current learning conditions, thus resulting in an interpretation of the theme or description that is validated for the accuracy of the information. The results of the study show that Authentic Learning During the Caliph AlMa'mun Period and Its Relevance to Independent Learning answered the need for authentic learning with real planning, implementation, and evaluation based on the theories of Hylda Taba and Tylor which strive for memorable and comprehensive learning. Memorable and comprehensive learning has the role of intellectual authenticity identity that recognizes the diversity of understanding and thinking. Relevance provides wealth for the spirit of being an innovative education driver and able to integrate landscape learning with daily activitie

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendidikan, Pembelajaran, Al-Ma’mun, Merdeka Belajar Keywords : Education, Learning, Al-Ma'mun, Freedom of Learning
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 12 Dec 2023 09:45
Last Modified: 12 Dec 2023 09:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6120

Actions (login required)

View Item View Item