Rekontruksi Implementasi Pendidikan Berbasis Adab Pada Pelajaran Tematik di SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan

Nurjanah, Laela (2022) Rekontruksi Implementasi Pendidikan Berbasis Adab Pada Pelajaran Tematik di SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
5218023-Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5218023-fulltext.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nurjanah, Laela. 2022. Rekontruksi Implementasi Pendidikan Berbasis Adab Pada Pelajaran Tematik di SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan. Tesis Jurusan Magister Pendidikan Agama Islam IAIN Pekalongan. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. H. Imam Kanafi, M.Ag dan Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag Kata Kunci: Pendidikan, Adab, Tematik, Karakter Latar belakang dari penulisan tesis ini adalah berdasarkan kekhawtiran atas munculnya fenomena yang terjadi akibat tidak diterapkannya adab dalam diri peserta didik menyebabkan penyimpangan perilaku, seperti peristiwa pemukulan terhadap guru, tawuran antar pelajar yang tak jarang berujung kepada kematian telah menjadi pemandangan seharihari. Masalah adab ini menjadi masalah nasional bangsa Indonesia dan sudah seharusnya lembaga pendidikan jenjang TK, SD, SMP dan SMA bahkan perguruan tinggi mengembalikan dan memfokuskan semua sistem pendidikan kepada implementasi adab ini. Dipilihnya SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan sebagai lokasi penelitian, karena sekolah tersebut merupakan salah satu lembaga pendidikan dasar Islam yang mengusung implementasi pendidikan adab pada setiap pembelajaran yang didukung oleh penguatan adab melalui pembiasaan sehari-hari, kegiatan belajar di kelas dan luar kelas, juga monitoring di sekolah dan di luar sekolah oleh orang tua murid. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah bagaimana rekontruksi dan efektivitas implementasi pendidikan berbasis adab pada pelajaran tematik di SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan? Mengapa SD Islam Al Azhar 60 ekalongan mengimplementasikan pendidikan berbasis adab pada pelajaran tematik?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rekontruksi dari implementasi dan fektivitas pendidikan berbasis adab pada pelajaran tematik di SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah untuk memberikan masukan kepada warga sekolah dalam peningkatan profesionalisme khusunya dalam rekontruksi pendidikan berbasis adab, menjadi referensi dalam penelitian sejenis dan perumusan kebijakan oleh pihak-pihak terkait yang memiliki kepentingan dalam dunia pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa rekontruksi implementasi pendidikan berbasis adab pada pelajaran tematik di SD Islam Al Azhar 60 Pekalongan telah dilaksanakan dengan baik dengan tahapan-tahapan mulai dari persiapan, sosialisasi, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Pembiasaan keagamaan dan pendidikan adab dilakukan dengan pembiasaan sebelum pembelajaran, saat embelajaran,setelah pembelajaran, di luar kelas dan di rumah

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
AuthorKanafi, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Adab, Tematik, Karakter
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:27
Last Modified: 13 Dec 2023 04:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6131

Actions (login required)

View Item View Item