Azzah, Nabila Zulfani (2023) Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Dimensi 3 Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Kelas XII di SMA Negeri 1 Jatibarang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
COVER, BAB I, & BAB V.pdf Download (696kB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Download (4MB) |
Abstract
Keterampilan berpikir dalam memecahkan masalah sangat diperlukan siswa untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika agar memiliki kompetensi untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan yang biasanya tidak rutin. Kemandirian dalam belajar berarti siswa memiliki kesadaran sendiri untuk belajar, mampu menentukan sendiri langkah-langkah yang harus diambil dalam belajar, mampu memperoleh sumber belajar sendiri, dan melakukan kegiatan evaluasi diri serta refleksi atas kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ada tidaknya pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajarn problem solving sehingga jika ada pengaruh yang signifikan maka kemampuan pemecahan masalah dapat dipengaruhi oleh kemandirian belaja. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dikemukakan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana proses pembelajaran problem solving siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Jatibarang? dan Apakah ada pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran problem solving siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Jatibarang?. Tujuan dari penelitian ini yaitu Mengetahui bagaimana proses pembelajaran problem solving siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Jatibarang dan menganalisis pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran problem solving siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Jatibarang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Populasi dari penelitian ini yaitu semua siswa XII SMA Negeri 1 Jatibarang yang berjumlah 145. Sampel dari penelitian ini berjumlah 36 siswa yang diambil dari kelas XII MIPA 1. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes dan lembar angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah persamaan regresi linier sederhana. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif, uji prasyarat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa proses pembelajaran problem solving pada materi dimensi 3 sudah berjalan sesuai dengan RPP berdasar observasi peneliti. Hasil analisis regresi linear sederhana yang diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Pengaruh yang diberikan sebesar 87.5% dilihat dari uji koefisien determinasi yang telah dilakukan, sedangkan 12.5% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya semakin baik kemandirian belajar siswa maka semakin baik pula kemampuan pemecahan masalah matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar,Kemampuan Pemecahan Masalah,Problem solving | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2023 07:58 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2024 02:37 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6136 |
Actions (login required)
View Item |