Strategi Guru PAI dalam Membina Keterampilan Membaca Al-Quran pada Siswa SMK VIP (Versi Integritas Pesantren) Bardan Wasalaman Batang

Jazilah Ainun, Hida (2022) Strategi Guru PAI dalam Membina Keterampilan Membaca Al-Quran pada Siswa SMK VIP (Versi Integritas Pesantren) Bardan Wasalaman Batang. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
5218053-Bab1&5.pdf

Download (9MB)
[img] Text
5218053_fulltext.pdf

Download (18MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Hida Ainun Jazilah, NIM. 5218053. 2022. Strategi Guru PAI dalam Membina Keterampilan Membaca Al-Quran pada Siswa SMK VIP (Versi Integritas Pesantren) Bardan Wasalaman Batang. Tesis Magister Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: (1) Dr. H. Salafudin, M. Si, (2) Dr. Slamet Untung, M. Ag. Kata Kunci: Strategi guru PAI, Keterampilan membaca Al-Quran Latar belakang penulisan tesis ini adalah Pendidikan Agama Islam merupakan sebuah kebutuhan yang telah banyak disadari oleh masyarakat modern. Pendidikan Islam dianggap penting bagi masyarakat sebagai prinsip atau landasan hidup masyarakat. Al-Qur’an merupakan ilmu yang pertama kali diajarkan pada anak karena mengajarkan al-Qur’an dapat menumbuhkan perasaan keagamaan Masalah klasik yang masih dijumpai adalah tidak sedikit anak-anak yang masih belum lancar bahkan belum bisa dalam membaca al-Qur’an, baik dari tingkat dasar, maupun menengah. Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) disini sangatlah penting, sangat dibutuhkan diluar pendidikan keluarga dan lingkukan tempat tinggal. Sehingga perlu adanya strategi dari guru PAI untuk membina keterampilan siswa dalam membaca Al-Quran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana keterampilan membaca Al-Quran siswa SMK Bardan Wasalaman Batang? Bagaimana strategi guru PAI dalam membina keterampilan membaca Al-Quran pada siswa SMK Bardan Wasalaman Batang? Bagaimana implikasi penerapan strategi guru PAI dalam membina keterampilan membaca Al-Quran pada siswa SMK Bardan Wasalaman Batang? Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis keterampilan membaca Al-Quran siswa SMK Bardan Wasalaman Batang, menganalisis strategi guru PAI dalam membina keterampilan membaca Al-Quran pada siswa SMK Bardan Wasalaman Batang, dan menganalisis implikasi penerapan strategi guru PAI dalam membina keterampilan membaca Al-Quran pada siswa SMK Bardan Wasalaman Batang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Keterampilan siswa SMK Bardan Wasalaman Batang dalam membaca Al-Quran sangat bervariasi. Terdapat beberapa faktor penyebab keberagaman keterampilan membaca Al-Quran yang dimiliki oleh siswa yaitu faktor psikologis yang berkaitan dengan motivasi dan minat siswa, faktor dukungan dari lingkungan baik keluarga maupun temoat tinggal, faktor fisiologis yang berkaitan dengan kondisi fisik siswa seperti kelelahan dan intelektual berupa kemampuan berfikir siswa. Strategi yang digunakan oleh guru PAI dalam membina keterampilan membaca Al-Quran adalah dengan menggunakan beberapa pendekatan yaitu keagamaan, individual, dan emosional. Sedangkan pada, metode pembelajaran digunakan metode jigsaw,

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi guru PAI, Keterampilan membaca Al-Quran
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 13 Dec 2023 08:22
Last Modified: 15 Dec 2023 08:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6137

Actions (login required)

View Item View Item