Aktualisasi pendidikan karakter berbasis pendidikan agama Islam di MAS Simbangkulon Kabupaten Pekalongan

Izzati, Nailal (2019) Aktualisasi pendidikan karakter berbasis pendidikan agama Islam di MAS Simbangkulon Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Aktualisasi pendidikan karakter berbasis pendidikan agama Islam merupakan suatu bentuk realisasi berbagai macam karakter luhur berdasarkan ajaran Islam serta menjadikannya sebagai way of life (pandangan hidup). Aktualisasi pendidikan karakter berbasis pendidikan agama Islam pada dasarnya berorientasi kepada tugas manusia sebagai khalifah fi al-ard, kemampuan manusia dalam menjalankan ajaran Islam secara kaffah sebagai ‘abd serta pengembangan intellegence peserta didik. Maka, adanya madrasah yang melakukan aktualisasi pendidikan karakter berbasis pendidikan agama Islam dengan baik sebagai bentuk konsistensi membentuk generasi umat Islam yang berkualitas juga. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pendidikan karakter berbasis pendidikan agama Islam di MAS Simbangkulon Kabupaten Pekalongan?, 2) Bagaimana aktualisasi pendidikan karakter berbasis pendidikan agama Islam di MAS Simbangkulon Kabupaten Pekalongan?, 3) Bagaimana implikasi pendidikan karakter berbasis pendidikan agama Islam di MAS Simbangkulon Kabupaten Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini yaitu menganalisis perencanaan, aktualisasi, dan implikasi pendidikan karakter berbasis pendidikan agama Islam di MAS Simbangkulon Kabupaten Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini secara teoritis yaitu sebagai salah satu tambahan khazanah ilmu pengetahuan, memberikan kontribusi pemikiran lebih lanjut, dijadikan oleh pemerintah dan praktisi pendidikan sebagai rujukan dalam aktualisasi pendidikan karakter berbasis Pendidikan Agama Islam. Untuk kegunaan penelitian secara praktis yaitu memberikan kontribusi bagi lembaga yang bersangkutan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, dijadikan sebagai acuan bagi sekolah dan bagi penelitian lebih lanjut terutama bagi peneliti yang sejenis dengan aktualisasi pendidikan karakter berbasis Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan)dan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data melaluiwawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data, untuk mengarahkan peneliti didalam mengumpulkan data menggunakan berbagai sumber data yang tersedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktualisasi pendidikan karakter berbasis pendidikan agama Islam di MAS Simbangkulon Kabupaten Pekalongan diantaranya berupa perencanaan pendidikan karakter berbasis pendidikan agama Islam sudah sesuai dengan tujuan, visi maupun misi MAS Simbangkulon Kabupaten Pekalongan. Dalam aktualisasi pendidikan karakter berbasis pendidikan agama Islam di MAS Simbangkulon Kabupaten Pekalongan memprioritaskan beberapa nilai karakter yaitu meliputi nilai karakter religius, disiplin, peduli lingkungan sosial, peduli lingkungan alam dan berprestasi baik melalui kegiatan intrakulikuler, kokurikuler ataupun ekstrakulikuler. Untuk implikasi pendidikan karakter berbasis pendidikan agama Islam di MAS Simbangkulon Kabupaten Pekalongan berupa keagamaan bertambah kuat, taat peraturan, terjalin keakraban, lingkungan asri dan berakhlak mulia.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSuraji, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: aktualisasi, pendidikan karakter, pendidikan agama islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 03 Jun 2020 05:24
Last Modified: 03 Jun 2020 05:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item