Model Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Melalui Materi Wudhu dalam Masa Pandemi Covid-19 di Mts Tholabuddin Masin Warungasem Kabupaten Batang

Jaohari Farchan, Tantowi (2022) Model Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Melalui Materi Wudhu dalam Masa Pandemi Covid-19 di Mts Tholabuddin Masin Warungasem Kabupaten Batang. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
5220029-Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5220029-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Farchan Jaohari Tantowi NIM 5220029 Oktober 2022. Judul Penelitian: “Model Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Melalui Materi Wudhu dalam Masa Pandemi Covid-19 di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Kabupaten Batang”. Tesis Pascasarjana Prodi PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dr. Slamet Untung, M.Ag. dan Dr. Ali Muhtarom, M.H. I. Kata Kunci: Covid-19, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam, Wudhu. Pembelajaran dalam jaringan adalah hal baru dalam dunia pendidikan Indonesia secara keseluruhan, yang tentunya masih perlu banyak tantangan dan penyesuaian. Dalam observasi lapangan, guru fikih sulit untuk memberikan dan menilai materi wudhu yang memerlukan penjelasan dengan pendemonstrasian gerakan praktik oleh guru dan diikuti oleh siswa. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengungkap bagaimana penerapan pembelajaran daring pada materi wudhu selama masa pandemi Covid-19 di MTs Tholabuddin Masin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Mengapa materi wudhu perlu diajarkan di MTs Tholabuddin Masin menggunakan model pembelajaran daring selama pandemi Covid-19? 2) Bagaimana pembelajaran materi wudhu saat pandemi Covid-19 di MTs Tholabuddin Masin? 3) Bagaimana faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pembelajaran daring materi wudhu di MTs Tholabuddin Masin saat pandemi Covid-19? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tesis ini yaitu:1) Menganalisis perlunya pembelajaran materi wudhu untuk diajarkan di MTs Tholabuddin Masin, meskipun menggunakan model pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. 2) Menganalisis pembelajaran materi wudhu saat pandemi Covid-19 di MTs Tholabuddin Masin. 3) Menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pembelajaran daring materi wudhu di MTs Tholabuddin Masin saat pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan, wawancara. Analisis data dilakukan dengan 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data,1penyajian data, dan penarikan1kesimpulan. Teknik penentuan informan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, yaitu kepala sekolah, guru fikih, serta perwakilan siswa kelas VII. Hasil penelitian yang pertama; pembelajaran materi wudhu tetap perlu untuk diajarkan pada siswa meskipun menggunakan model pembelajaran daring selama pandemi karena hakikat berwudhu ialah bersuci dan bertaubat selalu kepadaNya. Kedua; MTs Tholabuddin Masin saat awal pandemi menerapkan pembelajaran daring total selama Maret-April 2020, selanjutnya menggunakan sistem shifting dengan mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dan jarak jauh. Hasil belajar siswa menunjukkan penurunan dari apa yang seharusnya dicapai, sehingga penerapan pembelajaran daring kurang efektif untuk dilakukan. Ketiga; berbagai faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran daring yang dialami peserta didik, guru, orangtua, maupun sekolah. xiii ABSTRACT Farchan Jaohari Tantowi NIM 5220029 October 20

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMuhtarom, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam, Wudhu
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:30
Last Modified: 15 Dec 2023 08:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6148

Actions (login required)

View Item View Item