Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Menangkal Ekstremisme Siswa Di Sma Negeri 1 Comal

Rahmi, Hafni Syahidah Farah (2022) Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Menangkal Ekstremisme Siswa Di Sma Negeri 1 Comal. Masters thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5218014-Bab1&5.pdf

Download (8MB)
[img] Text
5218014-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Hafni Syahidah Farah Rahmi. NIM. 5218014. 2022. “Strategi Internalisasi NilaiNilai Moderasi Beragama dalam Menangkal Ekstremisme Siswa di SMA Negeri 1 Comal. Tesis Pascasarjana Magister Pendidikan Agama Islam UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dr. Slamet Untung, M. Ag dan Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag. Latar belakang penulisan Tesis ini adalah berdasarkan fenomena yang terjadi SMA Negeri 1 Comal adalah lahirnya ekstremisme, contoh ekstrimisme di SMA Negeri 1 Comal adalah kasus bullying siswa yang beragama Islam kepada temannya yang beragama Kristen, sehingga sekolah perlu melakukan langkah preventif dengan melakukan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik agar mereka memiliki pemahaman keagamaan yang moderat, toleran dan bisa menerima perbedaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Mengapa strategi internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam menangkal ekstremisme siswa penting dilakukan di SMA Negeri 1 Comal?. 2) Bagaimana strategi internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam menangkal ekstremisme siswa di SMA Negeri 1 Comal?. 3) Apa implikasi dari internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam menangkal ekstremisme siswa di SMA Negeri 1 Comal?. Tujuan yang ingin dicapai pembahasan tesis ini adalah 1) Menganalisis strategi internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam menangkal ekstremisme siswa penting dilakukan di SMA Negeri 1 Comal. 2) Menganalisis strategi internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam menangkal ekstremisme siswa di SMA Negeri 1 Comal. 3) Menganalisis implikasi dari internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam menangkal ekstremisme siswa di SMA Negeri 1 Comal. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologis dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru PAI, guru BK dan beberapa siswa muslim dan non muslim di SMA Negeri 1 Comal. Observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data tentang internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dan ekstremisme. Penelitian ini menggunakan analisis data kualititaif dan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam menangkal ekstremisme siswa di SMA Negeri 1 Comal penting untuk dilakukan sebab: 1) keberagamaan siswa SMA Negeri 1 comal yang heterogen, 2) pemahaman keagamaan siswa tergolong masih rendah, 3) adanya pengaruh media sosial. Sedangkan strategi internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam menangkal ekstremisme siswa dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya melalui kebijakan sekolah, upaya guru PAI baik dalam pembelajaran maupun kegiatan keagamaan. Kegiatan Ekstrakurikuler, seperti seperti pramuka, Islamic Study Club bagi muslim dan Kerohanian bagi non muslim. Kegiatan pembiasaan seperti upacara bendera dan do’a bersama sebelum pembelajaran serta melalui kegiatan sosial-kemanusiaan, seperti infak dan penggalangan dana korban bencana. Hafni Shahidah Farah Rahmi. NIM. 5218014. 2022. “Strategy for Internalizing the Values of Religious Moderation in Countering Student Extremism at SMA Negeri 1 Comal. Postgraduate Thesis Master of Islamic Education UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Supervisor: Dr. Slamet Untung, M. Ag and Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag. The background of writing this thesis is based on the phenomenon that occurred in SMA Negeri 1 Comal is the birth of extremism, an example of extremism at SMA Negeri 1 Comal is a case of bullying students who are Muslim to their Christian friends, so schools need to take preventive steps by internalizing values religious moderation for students so that they have moderate religious understanding, tolerance and can accept differences. The formulation of the problem in this study are: 1) Why is the strategy of internalizing the values of religious moderation in countering student extremism important to be carried out at SMA Negeri 1 Comal?. 2) What is the strategy for internalizing the values of religious moderation in countering student extremism at SMA Negeri 1 Comal?. 3) What are the implications of internalizing the values of religious moderation in countering student extremism at SMA Negeri 1 Comal?. The objectives to be achieved in the discussion of this thesis are 1) Analyzing the strategy of internalizing the values of religious moderation in countering student extremism is important in SMA Negeri 1 Comal. 2) Analyzing the strategy of internalizing the values of religious moderation in countering student extremism at SMA Negeri 1 Comal. 3) Analyzing the implications of internalizing the values of religious moderation in countering student extremism at SMA Negeri 1 Comal. This research is a phenomenological research with a descriptive qualitative approach. The data of this study were obtained from interviews with school principals, PAI teachers, BK teachers and several Muslim and non-Muslim students at SMA Negeri 1 Comal. Observation and documentation to collect data on the internalization of values of religious moderation and extremism. This study uses qualitative data analysis and data triangulation. The results of this study are the internalization of religious moderation values in countering student extremism at SMA Negeri 1 Comal is important to do because: 1) the diversity of students at SMA Negeri 1 Comal is heterogeneous, 2) students' religious understanding is still low, 3) the influence of social media . While the strategy of internalizing the values of religious moderation in countering student extremism is carried out in several ways, including through school policies, the efforts of PAI teachers in both learning and religious activities. Extracurricular activities, such as scouts, Islamic Study Club for Muslims and Spirituality for nonMuslims. Habituation activities such as flag ceremonies and prayer together before learning as well as through social-humanitarian activities, such as donations and fundraising for disaster victims.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Internalisasi Nilai, Moderasi Beragama, Ekstremisme Keywords: Internalization of Values, Religious Moderation, Extremism
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 14 Dec 2023 09:06
Last Modified: 14 Dec 2023 09:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6152

Actions (login required)

View Item View Item