Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di Smpn 6 Petarukan Pemalang

Jannah, Sidrotul (2023) Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di Smpn 6 Petarukan Pemalang. Masters thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5219031-Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5219031-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sidrotul Jannah. NIM. 5219031. 2023. Upaya guru Bimbingan Konseling dalam membina akhlak peserta didik di SMPN 6 Petarukan Pemalang. Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Prof. Dr. Susminigsih M.Ag dan Dr. Slamet Untung.M.Ag. Guru memiliki peran yang sangat besar dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi harus mempunyai kompetensi. Kompetensi meliputi aspek pedagogik, kepribadian, profesionalisme dan sosial. Hal ini adalah sebuah keharusan bagi seorang guru sebab guru adalah manusia pilihan, yang tidak sembarang manusia sanggup melaksanakannya. Permasalahan pada penelitian ini: 1. Bagaimana akhlak peserta didik di SMPN 6 Petarukan Pemalang? 2. Bagaimana peran guru Bimbingan Konseling dalam membina akhlak peserta didik di SMPN 6 Petarukan Pemalang? 3. Bagaimana dampak peran guru Bimbingan Konseling terhadap pembinaan akhlak peserta didik di SMPN 6 Petarukan Pemalang?. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk menganalisis akhlak peserta didik di SMPN 6 Petarukan Pemalang, untuk menganalisis peran guru Bimbingan Konseling dalam membina akhlak peserta didik di SMPN 6 Petarukan Pemalang, dan untuk menganalisis dampak peran guru Bimbingan Konseling terhadap pembinaan akhlak peserta didik di SMPN 6 Petarukan Pemalang, Sedangkan Kegunaanya yaitu: diharapkan dapat berguna baik secara teoritis maupun praktis. Secara teoritis dapat menambah pengetahuan, terutama akhlak, bagi siapa saja yang memerlukan. Sedangkan secara praktis dapat menjadi panduan bagi guru dalam membina akhlak peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data dilakukan peneliti melalui observasi, dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1. Akhlak peserta didik di SMPN 6 Petarukan Pemalang yaitu baik karena kerja sama yang baik terjalin antara guru bimbingan konseling dengan kepala sekolah dan guru bidang studi lainnya, sebagaimana diketahui bahwa akhlak siswa di SMPN 6 Petarukan Pemalang secara keseluruhan adalah baik. 2. Peran guru Bimbingan Konseling dalam membina akhlak peserta didik di SMPN 6 Petarukan Pemalang yaitu melakukan langkah-langkah seperti memberikan layanan orientasi, memberikan layanan Informasi dan memberikan layanan pembelajaran. 3.Dampak peran guru Bimbingan Konseling terhadap pembinaan akhlak peserta didik di SMPN 6 Petarukan Pemalang yaitu segi input dari tenaga pendidik termasuk sangat baik. Kemudian dalam proses (process) dan hasil (output) sudah sudah dilaksanakan dengan baik. Sidrotul Jannah. NIM. 5219031. 2023. Counseling teacher's efforts in fostering the morals of students at SMPN 6 Petarukan Pemalang. Islamic Religious Education, State Islamic University (UIN) KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Prof. Dr. Susminigsih M.Ag and Dr. Slamet Untung. M.Ag. Teachers have a very big role in educating, teaching, guiding, directing, training, assessing and evaluating must have competence. Competence includes pedagogic, personality, professional and social aspects. This is a must for a teacher because teachers are human beings of choice, which not just any human being can do. The problems in this study: 1. How are the morals of the students at SMPN 6 Petarukan Pemalang? 2. What is the role of the Counseling teacher in fostering the morals of students at SMPN 6 Petarukan Pemalang? 3. What is the impact of the role of the Counseling teacher on the moral development of students at SMPN 6 Petarukan Pemalang?. The aims of this study were: To analyze the morals of students at SMPN 6 Petarukan Pemalang, to analyze the role of the Counseling teacher in fostering the morals of students at SMPN 6 Petarukan Pemalang, and to analyze the impact of the role of the Counseling teacher on the moral development of students at SMPN 6 Petarukan Pemalang, While its use is: it is expected to be useful both theoretically and practically. Theoretically, it can increase knowledge, especially morals, for anyone who needs it. While practically it can be a guide for teachers in fostering the morals of students. This research uses a type of qualitative descriptive research and field research (field research). The data collection method was carried out by researchers through observation and interviews. The data analysis technique of this research uses three paths, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study are: 1. The morals of students at SMPN 6 Petarukan Pemalang are good because good cooperation is established between guidance counseling teachers and school principals and teachers of other fields of study, as it is known that the morals of students at SMPN 6 Petarukan Pemalang as a whole are good . 2. The role of the Counseling teacher in fostering the morals of students at SMPN 6 Petarukan Pemalang is to take steps such as providing orientation services, providing information services and providing learning services. 3. The impact of the role of the Counseling teacher on the moral development of students at SMPN 6 Petarukan Pemalang, namely that the input from the teaching staff is very good. Then the process (process) and results (output) have been implemented properly

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Upaya, Guru, Bimbingan Konseling dan Akhlak Keywords: Effort, Teacher, Counseling Guidance and Morals
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 14 Dec 2023 09:35
Last Modified: 14 Dec 2023 09:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6157

Actions (login required)

View Item View Item