Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Sopan Santun Siswa Smk Ma’arif Nu Doro Pekalongan

Abdillah, M. Tahlis (2023) Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Sopan Santun Siswa Smk Ma’arif Nu Doro Pekalongan. Masters thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5219037-Bab1&5.pdf

Download (7MB)
[img] Text
5219037-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

M. Tahlis Abdillah 2023. Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Siswa SMK Ma’arif NU Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Tesis Pascasarjana Prodi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dr.Hj.Sopiah, M.Ag. dan Prof.Dr. H.Imam Kanafi, M.Ag. Latar belakang penulisan Tesis ini adalah Guru Akidah Akhlak memiliki peranan yang sangat kuat terhadap karakter sopan santun siswa. Guru harus bertindak sebagaimana tugas dan kedudukannya sebagai seorang guru, agar siswa memiliki akhlak yang mulia, memberikan pengarahan agar siswa melaksanakan kebaikan dan menghindari yang keburukan, juga menanamkan karakter sopan santun sampai kapanpun. Dalam proses pembelajaran, guru aqidah akhlak mengutamakan karakter atau akhlak siswa sebagai tujuan pembelajaran. Dalam hal ini SMK Ma’arif NU Doro menekankan pada pembentukan karakter sopan santun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana karakter sopan santun siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan?, Bagaimana peran guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter sopan santun siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan? Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat peran guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter sopan santun siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis karakter siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan, Untuk menganalisisperan guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter sopan santun siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan dan Untuk menganalisis faktor yang mendukung dan menghambat peran guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter sopan santunsiswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Valididas dan reabilitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Karakter sopan santun siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan terdiri dari tiga macam karakter sopan santun, yaitu sopan santun dalam bahasa, sopan santun berperilaku dan sopan santun berpakaian. Ketiga macam karakter sopan santun tersebut ada dalam diri para siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan. 2) Peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter sopan santun siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan guru akidah akhlak sangat berperan aktif. 3) Faktor yang mendukung peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter sopan santun siswa itu sendiri adalah keteladanan dari guru tersebut dan kemanfaatan teknologi Disamping ada faktor pendukung juga tentunya ada faktor penghambatnya juga, diantaranya yaitu dari diri individu itu sendiri yaitu siswa, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. M. Tahlis Abdillah 2023. The Role of Aqidah Akhlak Teachers in Shaping the Polite Character of Students at SMK Ma'arif NU, Doro District, Pekalongan Regency. Postgraduate thesis of Islamic Religious Education Study Program UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Advisor: Dr.Hj.Sopiah, M.Ag. and Prof.Dr. H. Imam Kanafi, M.Ag. The background of writing this thesis is that the Aqidah Akhlak teacher has a very strong role in the politeness of students. The teacher must act according to his duties and position as a teacher, so that students have noble character, provide direction so that students do good and avoid bad, also instill the character of good manners at any time. In the learning process, the moral aqidah teacher prioritizes the character or morals of students as learning objectives. In this case Ma'arif NU Doro Vocational School emphasizes the formation of polite character. The formulation of the problem in this study is what is the character of the politeness of students at SMK Ma'arif NU Doro Pekalongan? What are the factors that support and hinder the role of the Aqidah Akhlak teacher in shaping the polite character of students at SMK Ma'arif NU Doro Pekalongan? The purpose of this study is to analyze the character of students at SMK Ma'arif NU Doro Pekalongan, to analyze the role of the Aqidah Akhlak teacher in shaping the polite character of students at SMK Ma'arif NU Doro Pekalongan and to analyze the factors that support and hinder the role of the Aqidah Akhlak teacher in form the character of student courtesy at SMK Ma'arif NU Doro Pekalongan. In this study the authors used a qualitative approach with descriptive analysis method. The type of research used is field research. Data collection techniques were carried out by interviews, observation and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and data verification. Valididas and data reliability using triangulation techniques. The results of this study are 1) The character of the politeness of students at SMK Ma'arif NU Doro Pekalongan consists of three kinds of polite characters, namely politeness in language, polite behavior and polite dress. These three types of courtesy character exist in the students at SMK Ma'arif NU Doro Pekalongan. 2) The role of the moral creed teacher in shaping the polite character of students at SMK Ma'arif NU Doro Pekalongan, the moral aqidah teacher plays an active role. 3) Factors that support the role of the teacher of aqidah morals in shaping the polite character of the students themselves are the example of the teacher and the benefits of technology. Besides there are supporting factors, of course there are also inhibiting factors, including from the individual himself, namely students, family environment and community environment.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorKanafi, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran guru Aqidah Akhlak, Pendidikan Karakter, Sopan Santun. Keywords: The role of the teacher of Aqidah Morals, Character Education, Manners.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 14 Dec 2023 09:43
Last Modified: 14 Dec 2023 09:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6159

Actions (login required)

View Item View Item