Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Dalam Membina Sikap Nasionalisme Siswa Di Smk Negeri 2 Subang

Husna, Saeful (2023) Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Dalam Membina Sikap Nasionalisme Siswa Di Smk Negeri 2 Subang. Masters thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5221019-Bab1&5.pdf

Download (11MB)
[img] Text
5221019-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Saeful Husna, Nim. 5221019, 2023.Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural dalam Membina Sikap Nasionalisme Siswa SMK Negeri 2 Subang. Tesis Magister Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : (1) Prof. Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. dan (2) Dr. Slamet Untung, M. Ag. Latar belakang penulisan tesis ini adalah beberapa problematika pendidikan agama Islam berbasis multikultural dalam membina sikap nasionalisme siswa di SMK Negeri 2 Subang mengalami hambatan yang berasal dari eksternal berupa kondisi lingkungan pergaulan antar siswa yang tidak kondusif, kondisi lingkungan pergaulan di tempat tinggal siswa, kondisi keluarga siswa, media edukasi yang kurang memadai, guru di sekolah belum dapat mengenali budaya-budaya lokal dan budaya siswa dengan sempurna, kemampuan guru yang belum merata dalam menyiapkan sarana prasarana yang mendukung, kurikulum sekolah yang tidak mengikat dan memantau kegiatan siswa sepenuhnya. Adapun hambatan yang bersumber dari internal diri siswa sendiri adalah sebagai berikut: pemahaman yang kurang baik, sikap individualitas, rasa malas untuk belajar, tidak memiliki idola yang positif, memiliki sifat kontraproduktif seperti intoleransi, merasa cukup dengan yang telah dimiliki. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan implementasi pendidikan agama islam berbasis multikultural dalam membina sikap nasionalisme siswa di SMK Negeri 2 Subang? Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama islam berbasis multikultural dalam membina sikap nasionalisme siswa di SMK Negeri 2 Subang? Bagaimana evaluasi implementasi pendidikan agama islam berbasis multikultural dalam membina sikap nasionalisme siswa di SMK Negeri 2 Subang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaa pendidikan agama islam berbasis multikultural dalam membina sikap nasionalisme siswa di SMK Negeri 2 Subang. Untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan agama islam berbasis multikultural dalam membina sikap nasionalisme siswa di SMK Negeri 2 Subang. Untuk menganalisis evaluasi pendidikan agama islam berbasis multikultural dalam membina sikap nasionalisme siswa di SMK Negeri 2 Subang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Guru mendorong siswa tentang makna hidup multikultural yang dipraktekan pada kehidupan nyata sehingga siswa memiliki perilaku hidup terbuka, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, mengharigai perbedaaan, menanamkan sikap toleransi, sling membangun kepercayaan satu sama lain sehingga perilaku tersebut melahirkan sikap nasionalisme yang tigggi, nasionalisme itu sendiri bukan terfokus pada perihal ideologi semata akan tetapi lebih mengarah pada pembentukan sikap dan perilaku siswa itu sendiri. xv ABSTRACT Saeful Husna, Nim. 5221019, 2023. Implementation of Multicultural-Based Islamic Religious Education in Fostering Nationalism Attitudes of Students at SMK Negeri 2 Subang. Master's thesis in Islamic Religious Education, Postgraduate Program of UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Supervisors: (1) Prof. Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. and (2) Dr. Slamet Untung, M.Ag. The background of writing this thesis is that there are several problems of multicultural-based Islamic religious education in fostering students' nationalism at SMK Negeri 2 Subang experiencing external obstacles in the form of nonconducive social environment conditions among students, social environment conditions in student residences, student family conditions, inadequate educational media, teachers in schools have not been able to recognize local cultures and student culture perfectly, teachers' abilities have not been evenly distributed in preparing supporting infrastructure, the school curriculum is not binding and fully monitors student activities. The obstacles originating from the students themselves are as follows: poor understanding, individuality, feeling lazy to study, not having positive idols, having counterproductive traits such as intolerance, feeling content with what they already have. The formulation of the problem in this study is how to plan the implementation of multicultural-based Islamic religious education in fostering students' nationalism at SMK Negeri 2 Subang? How is the implementation of multicultural-based Islamic religious education in fostering an attitude of nationalism in students at SMK Negeri 2 Subang? How to evaluate the implementation of multicultural-based Islamic religious education in fostering student nationalism at SMK Negeri 2 Subang? The purpose of this research is to analyze the planning of multicultural-based Islamic religious education in fostering students' nationalism at SMK Negeri 2 Subang. To analyze the implementation of multicultural-based Islamic religious education in fostering student nationalism at SMK Negeri 2 Subang. To analyze the evaluation of multicultural-based Islamic religious education in fostering the attitude of nationalism of students at SMK Negeri 2 Subang. This study uses a qualitative approach with a type of field research (field research). Data collection techniques using interview methods, observation methods, and documentation. While the data analysis technique used is data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study are that the teacher encourages students about the meaning of multicultural life which is practiced in real life so that students have an open life behavior, uphold human values, respect differences, instill tolerance, build mutual trust in one another so that this behavior gives rise to high nationalism. Nationalism itself is not focused on ideological matters alone but rather leads to the formation of the attitudes and behavior of the students themselve

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade DediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Agama Islam, Multikultural, Nasionalisme. Keywords: implementation of islamic religious education, multiculturalism, nationalism.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 14 Dec 2023 10:08
Last Modified: 14 Dec 2023 10:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6161

Actions (login required)

View Item View Item