Anisa, Lia (2023) Model komunikasi interpersonal guru dalam membentuk karakter islami siswa SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3418076_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
3418076_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
SMK Islam Nusantara Comal merupakan sekolah berbasis keislaman yang sudah menerapkan ajaran keislaman di sekolah, namun tidak menutup kemungkinan SMK tersebut masih memiliki problematika mengenai karakter maupun perilaku yang kurang baik. Hal ini menjadi permasalahan yang berefek pada turunnya akhlaqul karimah yang baik di SMK Comal Sendiri. Rendahnya disiplin siswa akan memengaruhi karakter. Siswa berpengaruh terhadap nilai sekolah dan karakter islami terutama dalam disiplin waktu. Untuk membentuk karekter islami pada siswa sangat dibutuhkan bimbingan secara khusus atau bisa dilakukan dengan cara penerapan model komunikasi interpersonal guru. Berkaitan dengan latar belakang di atas ditentukan rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana model komunikasi interpersonal guru dalam membentuk karakter islami siswa SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang? 2) Bagaimana kondisi karakter islami siswa SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang? Jenis penelitian ini adalah jenis kualitatif deskriptif dengan menggambarkan sebuah objek atapun peristiwa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model komunikasi interpersonal guru dalam membentuk karakter islami siswa SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang yaitu penerapan model komunikasi interpersonal guru dan pembentukan karakter islami yang meliputi pembelajaran di ruang kelas, majalah atau mading sekolah, dan infomasi terkait berita di sekolah yang disebarkan melalui media sosial. Sedangkan Kondisi karakter islami siswa SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang sesudah diterapkannya model komunikasi interpersonal guru adalah kondisi yang sudah cukup baik, siswa mempunyai rasa empati atau peduli dan tanggung jawab, siswa tertib terhadap segala hal, dan siswa memilik sifat disiplin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model komunikasi, komunikasi interpersonal dan karakter islami | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 18 Dec 2023 08:13 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2024 06:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6162 |
Actions (login required)
View Item |