Penerapan Blended Learning model Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas XI Di MAN Batang

Baroroh, Zidni Musyrifah (2022) Penerapan Blended Learning model Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas XI Di MAN Batang. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
5220038-Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5220038-fulltext.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Musyrifah Zidni Baroroh NIM 5220038 2022. Judul Penelitian: “Penerapan Blended Learning model Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas XI Di MAN Batang ”. Pascasarjana Prodi PAI UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dr. Slamet Untung, M.Ag dan Dr. Ali Muhtarom, M.H.I.Kata Kunci: Blended Learning, Flipped Classroom, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Latar belakang penulisan tesis ini adalah berdasarkan fenomena yang terjadi di Madrasah Aliyah Negeri Batang bahwa di era pasca pandemi ini pembelajaran yang dilaksanakan adalah pembejaran tatap muka terbatas yang mana satu kelas dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok ganjil dan kelompok genap. Pembelajaran tatap muka terbatas di madrasah dengan kondisi rasio peserta didik 50% dan sisanya menggunakan media online. pelaksanaan pembelajaran ini sangat mempengaruhi peserta didik yang mengakibatkan munculnya beberapa masalah yaitu tatap muka terbatas hanya 50% dari jumlah seluruhnya, durasi pembelajaran pendek , materi banyak sehingga peserta didik kesulitan dalam memahami materi. upaya untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik pada era pasca pandemi saat ini yaitu dengan membuat perencanaan pembelajaran yang mengkombinasikan pembelajaran secara daring dan tatap muka dengan merancang model pembelajaran yang bisa diterapkan saat ini. Model pembelajaran perlu dirancang dan ikembangkan sedemikian rupa untuk mendukung jalannya proses belajarmengajar dengan baik. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, bagaimana pelaksanaan dan bagaimana penilaian blended learning model flipped classroom pada mata pelajaran Al-qur’an Hadist Kelas XI di MAN Batang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan blended learning model flipped classroom pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas XI di MAN Batang, menganalisis pelaksanaan blended learning model flipped classroom pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas XI di MAN Batang dan menganalisis penilaian blended learning model flipped classroom pada Mata Pelajaran AlQur’an Hadist Kelas XI di MAN Batang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang langsung pada objek penelitian untuk memperoleh data yang diperlukan yang menggambarkan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian blended learning model flipped classroom pada mata pelajaran Al-qur’an Hadist Kelas XI di MAN Batang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rancangan pembelajaran terlebih dahulu harus disiapkan, mulai dari jadwal belajar yang terorganisir, penentuan komposisi antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online serta pembagian materi belajar yang harus dialokasikan dengan baik, sehingga pada tahap pelaksanaan semua langkah-langkah pembelajaran sudah siap dilaksanakan.(2) Pelaksanaan Blended learning model flipped classroom di MAN Batang terbukti membawa banyak dampak positif; meningkatkan semangat elajar, adanya model belajar yang bervariasi,menambah wawasan teknologi bagi pendidik dan peserta didik (3) Penilaian yang dilakukan meliputi penilaian secara online dan tatap muka. Guru mengamati sikap seperti kehadiran, kedisiplinan , keaktifan selama proses pembelajaran dan respon peserta didik serta pada waktu diskusi dikelas. Penilaian ulangan harian menggunakan media online yaitu google form untuk mempermudah pelaksanaannya. Kata Kunci: Blended Learning, Flipped Classroom, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
AuthorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorMuhtarom, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Flipped Classroom, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 15 Dec 2023 01:32
Last Modified: 15 Dec 2023 01:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6168

Actions (login required)

View Item View Item