Wibowo, Tegar Dwi (2023) Upaya guru pendidikan agama islam dalam menciptakan suasana religius pada siswa kelas IX di SMP Negeri 8 Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120139_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (922kB) |
|
Text
2120139_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya suasana religius pada setiap peserta didik atau anak usia sekolah karena pada masa tersebut adalah masa yang paling tepat dalam proses penciptaan suasana religius. SMP Negeri 8 Batang yang terletak di Kecamatan Batang Kabupaten Batang menjadi salah satu lembaga yang mendidik, mengajar, dan menciptakan suasana religius pada siswanya, salah satunya siswa kelas IX. Dalam menciptakan suasana religius pada siswa kelas IX, Guru Pendidikan Agama Islam berperan sebagai fasilitator dalam setiap kegiatan kereligiusan seperti membiasakan berdoa, membaca surat-surat pendek dan Asmaul Husna, baca tulis Al-Qur’an (BTQ), solat zuhur berjamaah, dan Istighosah. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan suasana religius pada siswa kelas IX di SMP Negeri 8 Batang? Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan suasana religius pada siswa kelas IX di SMP Negeri 8 Batang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data didapatkan dari hasil observasi lapangan dan wawancara dengan informan. Analisis data melalui tahap kondensasi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah Kepala SMP Negeri 8 Batang dan Guru Pendidikan Agama Islam kelas IX SMP Negeri 8 Batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan suasana religius pada siswa kelas IX di SMP Negeri 8 Batang diimplementasikan melalui kegiatan-kegiatan pembiasaan yang bersifat religius seperti pembiasaan membaca doa di awal dan akhir pembelajaran, membaca surat-surat pendek dalam Al-Qur’an dan Asmaul Husna, mengajarkan materi BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an), solat zuhur berjamaah, dan Istighosah atau doa bersama menjelang ujian akhir bagi kelas IX. Dari pembiasaan tersebut, siswa kelas IX akan terbiasa melakukan kegiatan kereligiusan baik di dalam maupun di luar kelas sehingga suasana religius dalam pribadi siswa kelas IX dapat tercipta dengan baik. Dalam proses menciptakan suasana religius pada siswa kelas IX, Guru Pendidikan Agama Islam dihadapkan oleh faktor-faktor yang mendukung dan menghambat, kedua faktor tersebut muncul dari internal dan eksternal siswa kelas IX.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Siswa kelas IX, suasana religius, upaya guru PAI | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Dec 2023 06:03 | ||||||||
Last Modified: | 16 Feb 2024 04:00 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6200 |
Actions (login required)
View Item |