Pengkajian nilai-nilai islami dan relevansinya dengan pendidikan akhlak dalam buku filosofi teras karya Henry Manampiring

Zidan, Alaika Akmal (2023) Pengkajian nilai-nilai islami dan relevansinya dengan pendidikan akhlak dalam buku filosofi teras karya Henry Manampiring. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120036_ALAIKA AKMAL ZIDAN_Cover_BAB I dan BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120036_ALAIKA AKMAL ZIDAN_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Perubahan zaman dan perubahan sosial telah menyebabkan penurunan nilai dan moral dalam masyarakat. Hal ini telah menyebabkan munculnya berbagai masalah sosial yang disebabkan oleh rendahnya moralitas dan nilai-nilai yang baik. Pendidikan akhlak dianggap penting dalam memperbaiki situasi ini dengan memperkenalkan dan memperkuat nilai-nilai moral yang baik di antara masyarakat. Pendidikan akhlak dipandang sebagai cara untuk membantu masyarakat mengenali kembali dan memperkuat nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari. Filsafat sebagai landasan berpikir yang penting dalam memahami nilai-nilai moral dan etika. Filsafat membantu individu dalam mengembangkan pemikiran kritis, refleksi diri, dan memahami hakikat manusia serta tujuan hidup. Di sisi lain, pendidikan akhlak memberikan praktik konkret untuk menerapkan nilai-nilai moral tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Keduanya dianggap saling melengkapi dalam membentuk karakter individu yang baik dan beretika. Filosofi teras atau stoikisme, sebuah aliran filosofis kuno, menekankan bagaimana mencapai kebahagiaan penuh dengan mengendalikan diri terhadap hal-hal yang di luar kendali manusia. Ajaran stoikisme ini populer karena relevansinya dalam menghadapi tantangan kehidupan dan menjadikan kebahagiaan dengan ketiadaan gangguan. Ajaran stoikisme ini, seperti dalam buku "Filosofi Teras" karya Henry Manampiring, memiliki kesesuaian dengan nilai-nilai Islam dan juga relevan dalam konteks pendidikan akhlak. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1. Bagaimana isi buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring?, 2. Apa saja nilai-nilai Islami yang terdapat dalam buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring?, 3. Apa relevansi anatara nilai-nilai Islami pada buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring dengan pendidikan akhlak?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai Islami dan relevansinya dengan pendidikan akhlak dalam buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penulisan skripsi ini mengguanakan metode dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam buku Filosofi Teras karya Henry manampiring terdapat ajaran yang memiliki kesesuaian dengan nilai-nilai Islami, meliputi: keimanan, tawakkal, keikhlasan, kejujuran, syukur, kesederhanaan, kebijaksanaan, sabar, rahmah atau kasih sayang, dan kemanusiaan. Dari nilai-nilai tersebut memiliki relevansi terhadap pendidikan akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArifin, JainulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai, islami, pendidikan, akhlak, buku filosofi teras
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:59
Last Modified: 21 Feb 2024 02:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6201

Actions (login required)

View Item View Item