Implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN Pemalang

Husni, Aidia Aini (2023) Implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120149_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120149_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Metode pembelajaran adalah suatu cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran. Salah satu faktor penting dalam mencapai keberhasilan, tujuan pembelajaran diantaranya adalah pemilihan metode pembelajaran dengan tepat. Guru fiqih memilih metode demonstrasi untuk di impementasikan di kelas X pada bab perawatan jenazah khususnya pada materi sholat jenazah dengan harapan agar siswa mampu memahami materi secara maksimal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN Pemalang dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah wakil kepala bidang kurikulum MAN Pemalang, Guru Fiqih kelas X Man Pemalang dan perwakilan Siswa kelas X.2 MAN Pemalang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN Pemalang dilaksanakan mulai dari tahap kegiatan awal yang meliputi apresepsi, pemberian motivasi kepada siswa serta perencanaan kegiatan demonstrasi. Selanjutnya adalah tahap kegiatan inti yang meliputi proses pelaksanaan kegiatan demonstrasi pada materi sholat jenazah dan yang terakhir adalah tahap penutup atau evaluasi dimana siswa dan guru bersama sama melakukan evaluasi terkait pembelajaran yang sudah berlangsung. Adapun guru fiqih dan siswa dihadapkan oleh faktor pendukung dan penghambat, kedua faktor tersebut muncul dari dua sudut pandang antara dari guru maupun siswa. Faktor pendukung implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN Pemalang adalah suasana kelas yang kondusif serta minat belajar siswa yang tinggi terhadap materi perawatan jenazah yang akan di demonstrasikan, selain itu keterampilan guru dalam mengajar baik dari segi komunikasi maupun penyampaian materi sangat baik menjadikan siswa nyaman mengikuti proses pembelajaran. Sedangkan salah satu faktor penghambatnya adalah kapasitas menghafal siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAli, JauharUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi, materi jenazah, fiqih, kelas X
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:11
Last Modified: 06 Feb 2024 06:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6209

Actions (login required)

View Item View Item