Moderasi Beragama Islam Pada Siswa Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren Dan Non Pesantren Di Ma Ribatul Muata’alimin Kota Pekalongan

Mutmainah, Ati’ul Maula (2023) Moderasi Beragama Islam Pada Siswa Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren Dan Non Pesantren Di Ma Ribatul Muata’alimin Kota Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5220034-Bab1&5.pdf

Download (8MB)
[img] Text
5220034-Fulltext.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Ati’ul Maula Mutmainah, Nim. 5220034, 2023. Moderasi Beragama Islam Pada Siswa Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren Dan Non Pesantren Di Ma Ribatul Muata’alimin Kota ekalongan, Program Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : (1) Prof. Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. dan (2) Dr. Slamet Untung, M.Ag. Kata Kunci : Moderasi, Siswa, Pesantren Latar belakang penulisan tesis ini, ialah moderasi beragama termasuk wujud dari adanya suatu sikap yang selalu mengusahakan untuk mengambil posisi di tengah ketika adanya dua hal atau pihak (kubu) yang tengah berlawanan atau berhadapan. Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren Dan Non Pesantren Di Ma Ribatul Muata’alimin Kota Pekalongan, menerapkan metode kurikulum salaf klasik sebagai model moderasi beragama untuk di ajarkan kepada santri-santrinya dan juga masyarakat dengan jalan pengkajian materi yang disampaikan pada saat di pondok pesantren maupun di lembaga formal yang mana pengkajian tersebut terpusat pada bahan berupa kitab-kitab klasik/turath. Dari proses itulah akhirnya terlahir sikap moderat sebagai bentuk adanya akibat dari tempaan pendidikan di lingkungan Madrasah. Dari beberapa uraian yang telah disajikan di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Moderasi Beragama Islam Pada Siswa Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren Dan Non Pesantren Di Ma Ribatul Muata’alimin Kota ekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pemahaman siswa pesantren terhadap moderasi beragama di MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan? Bagaimana pemahaman siswa non pesantren terhadap moderasi beragama di MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan? Apa Persamaan dan Perbedaan siswa pesantren dan non pesantren dalam moderasi beragama di MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis siswa yang pesantren terhadap moderasi beragama di MA Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan.Untuk menganalisis siswa yang non pesantren terhadap moderasi beragama di MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan. Untuk menganalisis persamaan dan perbedaan siswa pesantren dan non pesantren di MA Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa secara garis besar Siswa yang dari pesantren sudah menerapkan nilai nilai moderasi beragama islam seperti yang tercermin dalam kesehariannya yaitu sering berinteraksi dengan semua kalangan baik yang berbeda agama, mapun suku bangsa, dan juga dari hasil observasi siswa pesantren telah di ajarkan materi terkait moderasi beragama islam seperti kitab riyadus sholihin yang mana terkandung nilai nilai tawazun, syura dan tasamuh. Pemahaman siswa non-pesantren terhadap moderasi beragama dapat bervarias

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade DediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Moderasi, Siswa, Pesantren
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:25
Last Modified: 18 Dec 2023 01:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6213

Actions (login required)

View Item View Item