Sodikin, Sodikin (2023) Pendidikan Akhlak Siswa Melalui Bina Pribadi Islami (Bpi) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang. Masters thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
5220040-Bab1&5.pdf Download (20MB) |
|
Text
5220040-Fulltext.pdf Download (21MB) |
Abstract
Sodikin. NIM. 5220040. 2023. “Pendidikan Akhlak Siswa Melalui Bina Pribadi Islami (Bpi) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang.” Tesis Magister Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. (2) Dr. Ahmad Taufiq, M.Pd.I Kata Kunci : Pendidikan, Karakter, Religius Pendidikan akhlak merupakan pembentukan nilai-nilai kehidupan yang mencerminkan tumbuh kembang beragama yang terdiri dari tiga unsur pokok yaitu aqidah, ibadah, dan akhlak yang menjadi pedoman perilaku sesuai dengan aturan-aturan perilaku. Pentingnya pendidikan karakter religius tidak hanya menyangkut ibadah dalam agamanya semata, tetapi juga toleran terhadap agama lain. Rumusan Masalah yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: bagaimana perencanaan pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang, bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang dan bagaimana evaluasi pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang. Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang, perencanaan pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang, pelaksanaan pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang dan evaluasi pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian studi kasus, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi yang digunakan yaitu sumber, teknik, dan analisis data. Metode analisisnya menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa perencanaan pendidikan karakter raligius iswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang meliputi penentuan tujuan, menentapkan kegiatankegiatan, menentapkan sumber daya terbaik sesuai ahlinya, melakukan aktivitas yang konsisten sesuai tujuan, memonitor barbagai eberhasilan. pelaksanaan pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang yaitu pendidikan karakter religius terkait dengan tuhan, pendidikan karakter religius terkait dengan sesama dan pendidikan karakter religius terkait dengan lingkungan. Kemudian dalam evaluasi pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang yaitu: evaluasi perolehan program kerja, evaluasi pengelolaan sumber daya pendidikan dan evaluasi hambatan dari program
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Karakter, Religius | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Dec 2023 02:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Dec 2023 02:00 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6217 |
Actions (login required)
View Item |