Problematika Pembelajaran Mahārah al-Kalām Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Karanganyar Pekalongan

Setyaningsih, Dini (2023) Problematika Pembelajaran Mahārah al-Kalām Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Karanganyar Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2219099_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2219099_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran Mahārah al-Kalām pada siswa kelas VII MTs Ma’arif Karanganyar Pekalongan merupakan pembelajaran yang menganjurkan peserta didiknya menguasai pada empat keterampilan berbahasa sekaligus, di mana dalam pelaksanaannya terdapat banyak problem. Problematika yang dihadapi oleh siswa kelas VII salah satunya adalah masih terdapat beberapa siswa yang belum mengerti tentang pelafalan kosakata (mufradāt) bahasa Arab. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana problematika pembelajaran Mahārah al-Kalām siswa kelas VII MTs Ma’arif Karanganyar Pekalongan dan bagaimana solusi mengatasi problematika pada pembelajaran Mahārah al-Kalām siswa kelas VII MTs Ma’arif Karanganyar Pekalongan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini adalah dengan menggunakan tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan problematika pembelajaran Mahārah al-Kalām terdapat dua kategori, yaitu: problem linguistik dan problem non linguistik. Untuk problem linguistiknya yaitu: problem kosakata (Mufradāt), problem mengucapkan bunyi (Ashwat ‘Arabiyyah) Bahasa Arab, dan problem Qawaid dan I’rab. Sedangkan untuk problem non linguistiknya yaitu: motivasi dan minat belajar, sarana belajar, metode pembelajaran, waktu, dan lingkungan. Adapun solusi untuk mengatasi problematika tersebut, diantaranya: mengahafal kosakata baru, membiasakan membaca Al-Qur’an, mengerjakan soal-soal latihan, memberi motivasi siswa, menciptakan suasana yang menyenangkan, menggunakan metode yang bervariasi, menambah jam pelajaran, dan menciptakan lingkungan berbahasa di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAkhas, Muhammad ZayinilUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran, Mahārah al-Kalām
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:10
Last Modified: 18 Dec 2023 03:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6220

Actions (login required)

View Item View Item